Karnaval Keliling warnai Deklarasi Pilkada Damai Kota Medan

Partukkoan - Medan

Deklarasi pilkada damai Kota Medan yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan Sabtu, diawali dengan karnaval keliling kota dengan titik awal dari Lapangan Merdeka Medan.

Dalam acara itu, dua pasangan calon yakni Dzulmi Eldin - Achyar Nasution (nomor urut 1) dan Ramadahan Pohan - Eddie Kusuma (nomor urut 2) melakukan penandatangan komitmen pilkada damai

Penandatanganan komitmen itu juga diikuti Plh Wali Kota Medan Syaiful Bahri, Kapolesta Medan Kombes Pol Mardiaz KD, dan sebagian tokoh yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua KPU Kota Medan Yenni Chairiah Rambe mengatakan, deklarasi kampanye damai dan karnaval itu bertujuan agar semua pasangan calon dan tim kampanye, termasuk masyarakat dapat menyukseskan seluruh tahapan pilkada.

Pihaknya mengetahui jika pasangan calon pilkada Medan telah melakukan kampanye, baik dialog, tatap muka, mau pun berupa pertemuan terbatas.

Dengan deklarasi tersebut, diharapkan pasangan calon dan tim kampanye dapat menjalankan tahapan kampanye hingga 5 Desember 2015 sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

"Materi kampanye harus bersifat sopan, tertib, edukatif, dan tidak bersifat provokatif," kata Yenni seperti dikutip dari Antara.

Proses kampanye yang tidak sopan, tidak tertib, dan provokatif dikhawatirkan bisa mengganggu kondusivitas Kota Medan yang telah terjaga dengan baik selama ini.

Pihaknya berharap pasangan calon peserta pilkada Medan dan tim kampanye memahami aturan tersebut dan tim berkampanye dengan melakukan pelanggaran.

"Akan ada sanksi yang dapat berakibat pada pembatalan pasangan calon sebagaimana aturan PKPU 7/2015," katanya.

Usai deklarasi pilkada damai, dua pasangan calon pilkada Medan dan tim kampanye melakukan karnaval dengan menggunakan mobil hias yang disiapkan KPU dan tim masing-masing.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment