Karyawisata Ke Kebun Raya Balikpapan


Partukkoan - Balik Papan

Runtutan Kegiatan Karyawisata di SDN 001 Balikpapan Kota terus berlanjut hingga semua jenjang kelas mendapatkan gilirannya.

Kali ini kami berkunjung ke KM 15 Kebun Raya Balikpapan. Tepat jam 08.00 pagi rombongan secara beriringan memasuki bis yang telah berbaris rapi terparkir di depan SDN 001. Ada enam bis yang akan mengangkut ± 200 penumpang yang terdiri dari guru dan siswa.

Acara dimulai dengan kegiatan rutin biasa yaitu pengarahan dan doa bersama, lalu kami mulai memasuki bis dengan beriringan dan berkelompok secara teratur. Selama perjalanan, bis berjalan beriring – iringan dengan kecepatan normal tanpa terjebak macet.

Tidak terasa, bis telah memasuki area Kebun Raya, yang langsung terlihat oleh kami adalah sebuah taman kecil yang bertuliskan Kebun Raya Balikpapan yang terukir indah serta bebatuan yang berbentuk kantung semar yang merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman obat yang tumbuh dalam area Kebun Raya tersebut.

Kami turun dari bis dengan berbaris teratur, lalu kami di arahkan ke gedung informasi centre untuk diatur dan dibariskan menuju area penanaman pohon yang kami sumbangkan untuk ditanam di sana. Perjalanan menuju area penanaman dimulai dari jalan bersemen selebar ± 1 m yang di kiri dan kanan jalan dipenuhi dengan pepohonan yang beraneka ragam jenisnya, di antaranya ada ulin, meranti, kayu arang, pohon bandang, bangris, kruwing dan masih banyak lagi.

Ada beberapa tanaman yang merupakan tanaman endemik (tanaman yang hanya ada didaerah tertentu saja) salah satunya adalah pohon bandang yang masih berkeluarga dengan palem, buahnya seperti buah kelapa dan dapat dimakan, isinya juga seperti buah kelapa muda agak kenyal-kenyal, daunnya bisa dibuat untuk atap rumah pada rumah-rumah tradisional jaman dahulu.

Selain tanaman ada juga berbagai hewan yang hidup disana, diantaranya kijang, payau, uwa-uwa, monyet berekor panjang, lutung merah, kelinci, dan masih banyak lagi. Tidak terasa sudah hampir 1 km kami menapaki jalan bersemen tersebut, sampailah kami pada ujung jalan yaitu sebuah embung (waduk) sebagai tempat penampungan air bersih yang kemudian di salurkan untuk keperluan kantor, karyawan, dan penyiraman koleksi tanaman.

Setelah beristirahat sembari berfoto-foto sejenak lalu kami melanjutkan perjalanan menuju area penanaman untuk menanam 5 pohon bayur (pterospermum) yang kami sumbangkan sebagai penambah koleksi di Kebun Raya Balikpapan.

Penanaman diwakilkan dari perwakilan beberapa kelas. Setelah penanaman selesai perjalanan dilanjutkan untuk melihat lebih banyak koleksi kebun.

Perjalanan cukup melelahkan dari kondisi jalan yang menanjak dan menurun meskipun jalan yang kami lewati mulus, karena jalannya terlihat masih baru sehingga tidak ada yang rusak atau berlubang.

Jalan yang kami lewati masih panjang. Kami juga melewati beberapa tanaman koleksi kebun. Yang paling menarik adalah kebun tanaman obat, berbagai macam tanaman obat tumbuh disana dengan fungsi yang berbeda, sungguh luar biasa ciptaan Maha Pencipta, ternyata nenek moyang kita yang tinggal di hutan jaman dahulu bisa bertahan hidup hanya dari tumbuh-tumbuhan hutan yang sekarang amat langka.

Perjalanan berakhir kembali ke gedung informasi centre, ini adalah perjalanan wisata kami yang penuh dengan pembelajaran. Area seluas 309 hektar dalam beberapa jam sudah dapat kami lihat, nikmati, hayati, dan kami pelajari secara langsung. Banyak pengetahuan yang kami dapatkan yang tidak bisa kami dapat dimanapun meskipun di sekolah kami.

Sekolah kami adalah salah satu sekolah adiwiyata mandiri yaitu sekolah yang sangat peduli lingkungan, mudah-mudahan dari cerita ini kami dapat menebarkan benih-benih generasi yang peduli lingkungan, yang peduli pada hutan dan tanaman seperti pohon-pohon kruwing yang menebarkan benih-benih bijinya melalui tiupan angin keseluruh hutan.

Oleh: Nila Karmina
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment