Kelompok Tani di Samosir Terima Bantuan Hand Tractor

Ilustrasi/ Net
Partukkoan - Samosir

Pemkab Samosir melalui Dinas Pertanian, Perikanan Dan Peternakan (DP3) Kabupaten Samosir terus mendukung program pemerintah untuk mencapai Swasembada Pangan Nasional. Kali ini mereka kembali memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian (Alsintan) berupa traktor tangan (hand tractor). 

Acara pembagian Alsintan tersebut dilakukan di Kantor Dinas DP3 samosir pada Hari Rabu (16/09/2015) kepada delapan kelompok tani yang menerima bantuan peralatan mesin tani dari pemerintah.

Penyerahan dilakukan langsung Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (DP3) Ir Rencus Simanjorang yang didampingi Kepala Seksi PLA, Imran Tampubolon SP, bersama para staf diantaranya Donnaria Sinaga SP, Bernat Sidauruk SP dan diterima perwakilan kelompok tani.

Ada 8 kelompok tani mendapatkan jatah bantuan alsintan, yaitu Ketua Kelompok Tani “Cinta Kawan” Pemro Naibaho dari Kecamatan Palipi, Ketua Kelompok Tani “Ria Tani” Haposan Manik dari Kecamatan Pangururan, Ketua Kelompok Tani “Marsada” Parulian Sihotang dari Kecamatan Harian, Ketua Kelompok Tani “Agave” Hakim Rumahorbo dari Kecamatan Simanindo, Ketua Kelompok Tani “Sejahtra” Bronson Lumban Siantar dari Kecamatan Nainggolan, Ketua Kelompok Tani “Lumobo” Kalvin Sinaga dari Kecamatan Nainggolan, Ketua Kelompok Tani “Tambun” Darmo Simarmata dari Kecamatan Sianjurmulamula dan Ketua Kelompok Tani “Bersama” Robert Lumbanraja dari Kecamatan Nainggolan.

Kepala Seksi PLA, Imran Tampubolon, SP mengharapkan agar hand traktor tersebut dapat dipergunakan para anggota kelompok tani secara bergantian agar para petani dikelompok bisa terbantu dalam pengolahan lahan persawahannya. 

“Kita berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan, terutama untuk meningkatkan produksi serta perkembangan pertanian, khususnya sawah ditengah masyarakat,” kata Imran.

Ketua Kelompok Tani Bersama Parulian Sihotang yang didampingi Kepala Desa Hariara Pohan Kecamatan Harian Piatur Sihotang saat menerima bantuan Hantraktor dari Dinas DP3 Kabupaten Samosir mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Kementrian Pertanian yang telah membantu para petani khususnya petani di wilayah samosir untuk membantu pengolahan lahan pertanian petani.

“Semoga hand traktor yang kami terima ini dapat kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya, agar para petani tersebut bisa lebih makmur dan sejahtera nantinya” kata Sihotang.

Oleh: Baktiar H. Pasaribu
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment