Pelari Asing: Samosir Tempat Wisata Yang Paling Menakjubkan

Partukkoan - Samosir

Samosir Lake Toba Ultra 2015 yang diadakan di Samosir beberapa waktu lalu diikuti 250 pelari dari berbagai tempat termasuk dari luar negeri dinataranya Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Inggris dan Kanada.

Sebagai bagian dari Rangkaian Horas Samosir Fiesta 2015 rute yang dilintasi para pelari mencapai jarak 5K, 10 K, 25 K dan 47 K dengan start awal dan berakhir di Openstage Pangururan. “It is the most amazing tourist spot I’ve ever seen” ungkap salah satu peserta Silvia dari Kanada.

Even "SALUT" ini diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk mengundang langsung para wisatawan baik domestik maupun Internasional datang berkunjung menikmati keindahan alam Samosir.

Even yang mengambil tagline Run, Sun & Fun ini menjadi ajang bagi peserta untuk menikmati alam Samosir, berolah raga wisata sekaligus membuktikan kecintaanya terhadap olah raga lari.

Silvia juga menyumbangkan Rp 2.000.000 (Dua juta rupiah) untuk panti asuhan yaitu kelompok Lanjut Usia (lansia) yang di berikan melalui Kepala Dinas Pariwisata, Drs Ombang Siboro MM, didampingi Camat Pangururan Mangihut Situmeang.

Samosir Lake Toba Ultra Marathon yang dilaksanakan pada Minggu lalu, (20/09/2015) dimulai Pukul 05.00 WIB dan dibuka langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Tombor Simbolon didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Samosir serta Camat Pangururan.

Untuk menghibur para peserta, di beberapa titik lintasan/ rute diadakan pertunjukan seni oleh sanggar seni budaya yang ada di Kabupaten Samosir, sementara di venue utama/ openstage Pangururan disamping dihibur oleh artis nasional para peserta juga disuguhkan fresh kuliner tradisional.

Berikut Pemenang Samosir Lake Toba Ultra Marathon berdasarkan kategori :
  1. Kategori 5 K (PA) yaitu Tommy Simbolon (Juara 1). Haposan Purba (Juara 2) dan Julkifri P (Juara 3)
  2. Kategori 5 K (PI) yaitu Esra Simbolon (Juara 1). Lasriani (Juara 2) dan Inggreis Saragih (Juara 3)
  3. Kategori 10 K (PA) yaitu Okto Salim Simbolon (Juara 1). Irwan Tjoeng (Juara 2) dan Joel Tambunan (Juara 3)
  4. Kategori 10 K (PI) yaitu Herlyna Tjoe (Juara 1). Verayani Tjoe (Juara 2) dan Henny Leonardi (Juara 3)
  5. Kategori 25 K (PA) yaitu Roy Widjaja (Juara 1). Jimmy Pangestoe (Juara 2) dan Arif Budiman (Juara 3)
  6. Kategori 25 K (PI) yaitu Nova Sarah (Juara 1). Maria Josephine (Juara 2) dan Sylvie M.G.L Roy (Juara 3)
  7. Kategori 47 K (PA) yaitu Hendra S (Juara 1). Mohd Syamsul Bahtiar (Juara 2) dan Antoni Wijaya (Juara 3)
  8. Kategori 47 K (PI) yaitu Ina Budiyarni (Juara 1). Evi Dearny (Juara 2) dan Tia Nastiti (Juara 3)

Seluruh peserta yang sampai ke garis finish mendapatkan medali, dan uang pembinaan dengan total 53 juta rupiah. Khusus bagi juara tiap-tiap kategori, Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pariwisata dan Seni dan Budaya juga memberi cendera mata berupa ulos.

Oleh: Rebin Malau
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment