Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi perguliran DANA BLM-PUAP


Partukkoan - Samosir

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Ketahanan Pangan Dan Pelaksana Penyuluh Kabupaten Samosir gelar Penyuluhan Keberhasilan Perguliran DANA BLM-PUAP Senin (07/09/2015) pukul 14.00 wib di Kantor Camat Harian.

Acara itu dihadiri langsung Kepala Badan Ketahanan Pangan & Pelaksana Penyuluh Kabupaten Samosir Drh. Erkanus Simbolon Msi, Camat Harian Konrad Simbolon Spd, Anggota DPRD Kabupaten Samosir dari Komisi II Bolusson Pasaribu, Plt Kepala BPK Harian Hasudungan Siregar, Sst, para PPL desa, Para Kepala Desa, para Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta para Ketua kelompok Tani se Kecamatan Harian.

Pada kesempatan itu, Bolusson Pasaribu menghimbau kepada para pengurus Kelompok Tani di Kecamatan Harian untuk tidak bermain-main dengan pembayaran DANA BLM-PUAP yang telah digulirkan, sehingga tidak masuk pada ranah hukum.

"Jangan sungkan untuk konsultasi ke DPRD, tentang perkembangan pertanian" katanya.

Legislator dari Partai Demokrat itu juga berharap agar Kepala Badan Ketapang dapat mengembangkan serta meningkatkan kembali pertanian dibidang Holtikultura dan swasembada pangan di wilayah samosir yang dulunya petani samosir sangat dikenal dengan hasil bawang merah dan padi. 

Kemudian, para penyuluh pertanian harapnya, dapat membantu para ketua gapoktan dalam proses administrasi sebab para ketua kelompok kemungkinan masih banyak yang buta tentang surat menyurat.

Sementara, Kepala Badan Ketapang Kabupaten Samosir Erkanus Simbolon dalam arahannya, mengingatkan pengurus Gapoktan agar DANA BLM-PUAP yang tersalur kepada anggota kelompok tani melalui Gapoktan supaya tidak sampai terjadi penunggakan dalam pengembaliannya. "Jangan sampai masuk kejalur hukum nantinya" pintanya. 

Selain itu, para Ketua Kelompok Tani khususnya Ketua Gapoktan untuk mengutamakan kepentingan petani, seperti mengajukan bibit bawang, bibit padi,bibit ikan, bibit kantang dan lain sebagainya. Karena Pemerintah Kabupaten Samosir dan DPRD sudah menganggarkan dana untuk pengembangan peningkatan petani samosir pada tahun ini.

Oleh: Baktiar H. Pasaribu
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment