Selasa, DKPP Gelar Sidang Kode Etik Kpu Padangpariaman

Elly Yanti, Ketua Bawaslu Sumbar/ Foto: Derizon Y
Partukkoan - Padang

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Selasa (29/9) bakal menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padangpariaman.

"Sidang dilaksanakan di ruang sidang Bawaslu Sumbar," kata Ketua Bawaslu Sumbar, Elly Yanti di Padang.

Ia menjelaskan, sidang bakal dihadiri anggota DKPP, Bawaslu Pusat, Bawaslu Sumbar, Panwaslu serta KPU Padangpariaman.
    
"Bawaslu Sumbar telah mempersiapkan semua untuk sidang kode etik KPU Padangpariaman," ungkapnya.
    
KPU Padangpariaman melanggar kode etik berdasarkan hasil kajian Panwaslu Padangpariaman terhadap laporan masyarakat yakni Alfadilah Hasan dan Taufiq dimana ada dugaan pelanggaran administrasi dalam berkas pencalonan.
    
Panwaslu setempat merekomendasikan untuk meninjau ulang keputusan penetapan pasangan calon, namun KPU tidak melaksanakan sehingga Panwaslu melalui Bawaslu Sumatera Barat melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)," jelas Elly Yanti.
    
Sementara itu Ketua Panwaslu Padangpariaman, Syaiful Islami saat dihubungi menyatakan, ada pelanggaran dilakukan KPU Padangpariaman sesuai dengan PKPU nomor 12 tahun 2015. Panwaslu Padangpariaman telah memeriksa sejumlah saksi terkait laporan tersebut.
    
"Sejumlah saksi telah diperiksa terkait laporan masyarakat tersebut," katanya.
    
Ia menjelaskan, Panwaslu merekomendasikan agar KPU Padangpariaman meninjau ulang keputusan tentang penetapan pasangan calon dan penetapan nomor urut pasangan calon dan membuktikan bahwa terjadi pelanggaran administrasi.
    
"Rekomendasi tersebut lahir setelah melakukan kajian terhadap laporan masyarakat yang menilai ada dugaan pelanggaran administrasi dalam berkas pencalonan,"ungkapnya.

Oleh: Derizon Y.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment