Siswi SMK N 1 Harian Buktikan Kemampuannya Saat PKL di BBI Harian

Para Siswi ketika berfoto bersama Kepala Sekolah dan Guru
Partukkoan - Samosir

Beberapa siswi SMK Negeri 1 Harian Jurusan Perikanan yang ikut melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Balai Benih Ikan Kecamatan Harian Kabupaten Samosir dianggap telah menunjukkan kemampuan mereka menerima dan menguasai bidang selama menempuh PKL di tempat itu.

Siswi tersebut diantaranya adalah Natalia Tumanggor, Palaria Limbong, Parulian Sinaga, Safruna Lubis, Sondang Limbong, Sumiarni Sihotang, Traiska Silalahi, Vincencia Sihotang dan Yuni Sari Lahagu yang telah mengikuti PKL sejak tanggal 22 Juli lalu.

Kepala BBI Harian, Ronny sitanggang, mengaku sangat bangga dengan kehadiran para siswi SMK N I Harian Jurusan Perikanan yang sedang melakukan PKL di kantornya, karena siswi tersebut bisa dapat belajar dengan baik dan telah mampu mengaplikasikan kemampuan ilmu yang diterima selam PKL dikantor yang dipimpinnya.

"Mereka (siswi) telah mampu membedakan ikan jantan dan ikan betina seperti Jenis ikan Mas (Sprinus Carpio) jenis Ikan Mas Sinyonya" ungkap Ronny

Selain itu kata Ronny, para siswi tersebut juga bisa melakukan Pendederan ikan mas, yaitu pemisahan ikan mas dengan mengangkat ke kaban dari wadah pemisahan ke tempat wadah penetasan telur ikan mas yang dilengkapi dengan derasi untuk mensuplai oksigen. 

Hal yang sama juga dirasakan Kepala Sekolah SMK N 1 Harian, Gunung Tua Hasibuan saat di temui Partukkoan di Ruang kerjanya Selasa (02/09/2015). Hasibuan mengaku bangga dengan anak didinya secara khusus siswi jurusan perikanan yang dianggap telah mampu mempraktekkan ilmu pengetahuannya di tempat PKL nya di BBI Kecamatan Harian. 

Dirinya berharap, semoga pelajaran yang diajarkan para guru mereka bisa menjadi modal utama kesuksesannya dikemudian hari.

Sementara itu, Ketua Prakin Marudut Sitanggang, mengaku akan terus mengawasi dan memperhatikan para siswinya itu. 

"Ini supaya mereka terus bergiat, sehingga kelak akan berguna bagi Bangsa dan Negara ini, secara khusus untuk Samosir" harapnya.

oleh: Baktiar H. Pasaribu
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment