Tak Tunda Latihan Militer, Reuni Keluarga Korsel dan Korut Terancam Batal

Para pejabat sepakat untuk reuni kembali (foto; Reuters/Yonhap)
Partukkoan – Samosir

Korea Utara mengancam reuni keluarga antara Korsel dan Korut jika pihak korea selatan tidak menunda latihan militer tahunannya.

Seperti dilaporkan reuters, Reuni ini merupakan reuni keluarga yang terpisah saat perang antara kedua negara pecah pada 1950-1953, dan merupakan kedua kalinya dalam periode selama lima tahun belakangan, yang akan direncanakan bertempat di di resor Mount Kumgang, Korea Utara, pada 20-26 Oktober mendatang.

Program reuni keluarga Korut dan Korsel mulai digalakkan setelah KTT Korea Utara-Selatan pada 2000. Reuni ini awalnya dijadwalkan sebagai acara tahunan. Namun, hubungan lintas perbatasan kedua Korea yang naik turun menyebabkan hanya satu reuni berhasil digelar selama lima tahun terakhir.

Bagi warga Korut dan Korsel yang telah mendaftarkan diri, reuni merupakan ajang emosional. Pasalnya, harapan untuk bertemu dengan keluarga yang sangat mereka rindukan tentu meningkat.

Sekitaran 66 ribu warga Korea Selatan, sebagian besar berusia 80 hingga 90 tahun telah mendaftarkan diri untuk mengikuti reuni tahunan ini.

Namun, banyak warga yang terpaksa tak dapat mengikuti reuni, meski telah mendaftarkan diri. Reuni keluarga pada Februari 2014, penyelenggara reuni menggunakan komputer yang memilih 500 warga secara acak, berdasarkan usia dan latar belakang keluarga.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment