Tidak ditampung di APBD Samosir, Jadwal FDT Tidak Jelas

Partukkoan – Medan

Ketiadaan dana dari APBD Kabupaten Samosir membuat jadwal penyelenggaraan Festival Danau Toba (FDT) tidak pasti.

Usai rapat paripurna DPRD Sumut dengan agenda pengesahan dua ranperda di Medan, Senin, Pelaksana Tugas Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengatakan pihaknya telah mendapatkan informasi awal mengenai ketidakpastian kegiatan tersebut.

Untuk mendapatkan kepastian tentang Festival Danau Toba itu, Pemprov Sumut telah mengecek langsung kepada Bupati Samosir Mangindar Simbolon. "Beliau juga mengatakan (Festival Danau Toba) itu belum positif ada," katanya.

Erry Nuradi mengatakan, anggaran kegiatan Festival Danau Toba tersebut telah ada dari Kementerian Pariwisata dan Pemprov Sumut, namun Pemkab Samosir selaku tuan rumah juga perlu memiliki kesiapan tersendiri dengan mengalokasikan anggaran dari APBD.

Meski belum ada APBD khusus dari Pemkab Samosir, pihaknya belum dapat memutuskan untuk menunda atau membatalkan Festival Danau Toba.

Bagi Pemprov Sumut, Festival Danau Toba harus ada sebagai agenda dan kegiatan yang sangat bermanfaat dalam mempromosikan potensi wisata di lokasi yang ditetapkan menjadi kawasan strategis nasional itu. "Kita masih menunggu APBD Kabupaten Samosir selaku tuan rumah untuk kegiatan ini," katanya.

Sebelumnya, Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan pihaknya mendapatkan kembali kepercayaan untuk menjadi tuan penyelenggara Festival Danau Toba setelah menjadi penyelenggara pada 2012.

Keputusan itu merupakan hasil pertemuan Kementerian Pariwisata dengan pemkab yang ada di sekitar kawasan Danau Toba.

Dalam kegiatan yang direncanakan pada pertengahan September 2015 itu, pihaknya tetap mengangkat tema yang bersifat mempromosikan berbagai potensi wisata dan budaya di sekitar Danau Toba. (Ant)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment