Tragedi Kapal Migran RI di Malaysia Renggut 61 Nyawa

Tim SAR saat mengangkut Jenazah (foto: AFP/The Malaysian Insider)
Partukkoan – Kuala Lumpur

Tenggelamnya kapal migran Indonsia di Perairan Sabak Berenam, Selangor, Malaysia saat ini dikabarkan telah menelan korban sebanyak 61 jiwa. Hal itu dikatakan Robert Teh, Direktur SAR Lembaga Maritim Malaysia Senin (7/9/2015).

Seperti dmuat Reuters, Robert menduga, hanya 20 orang yang selamat bahkan diantara para korban tewas ada satu balita yang ditemukan ikut menjadi korban.

Seperti dikabarkan, Kapal yang ditumpangi para migran Indonesia itu terbalik pada Kamis pekan lalu. Penyebabnya, diduga karena kelebihan muatan dan cuaca buruk. Para migran Indonesia itu berniat melakukan perjalanan pulang untuk liburan Idul Adha.

Sementara itu, Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, telah memerintahkan Kepala Balai Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Aceh, Mukhtar, untuk berkoordinasi dengan Biro Humas Setda Aceh sebagai pusat layanan korban untuk menelusuri identitas TKI untuk kemudian dipulangkan ke keluarga masing-masing.

"Kita tetap perjuangkan, tetap dikawal proses pemulangan. Tetapi kita juga tekankan bahwa penting bagi mereka yang ingin menjadi TKI di luar negeri agar melalui jalur formal, agar dokumen kerja jelas, penempatan jelas, kontrak jelas, sehingga kalau ada apa-apa lebih mudah kita perjuangkan hak-haknya," kata Nusron Wahid, Minggu (06/09/2015) di Jakarta.

Susuai informasi dan klarifikasi yang didapatkan dari Kepala BP3TKI Aceh Mukhtar, serta BP3TKI Medan, sampai saat ini korban tenggelamnya kapal di perairan Malaysia, pada waktu keberangkatanya ke Malaysia tidak ada yang berproses di BP3TKI sebagai TKI.

Meski demikian BNP2TKI siap mengurus dan mengantarkan jenazah sampai ke rumah, apabila ternyata nanti ada korban yang perlu ditangani oleh BP3TKI Aceh.

"Ini tanggungjawab negara, jadi BNP2TKI harus hadir membantu memulangkan jenazah korban hingga ke rumah dan akan memastikan pemenuhan hak pekerja sesuai kontrak," ujar Nusron.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment