10 Hal Unik Ini Akan Mebuatmu Bangga Menjadi Anak Samosir

Partukkoan - Samosir

“Tempatku berkenalan dengan hidup dengan dunia dan tempatku kelak menutup mata” Itulah sepenggal mars Kabupaten Samosir. Mengapa Samosir begitu istimewa? Mengapa dia begitu memiliki banyak potensi? Tak sekedar lahir dan dibesarkan di tanah ini. Samosir memberikanku banyak pelajaran berarti mengenai bagaimana menyikapi alam, bagaimana mencintai sejarah, bagaimana berinteraksi dengan fenomena, bagaimana menyanyangi budaya, dan bagaimana memberikan sepenuhnya hati untuk Bona Pasogitku.

Jangan pernah malu melontarkan kalimat Samosir itu kepingan surga. Memang benar. Ada 10 hal yang akan membuatmu bangga menjadi anak Samosir. Anak kampung bisa! Tapi jangan kampungan! #ILoveSamosir

1. Gunung Toba, Letusan Supervulcano



Tak diragukan lagi, akibat dari letusan gunung 74.000 tahun yang lalu ini. Kaldera besar telah terbentuk dengan sangat luas. Bentangan danau yang begitu besar dan di tengahnya terselip pulau vulkanik besar. Aku menyebutnya sebuah mahakarya besar sepanjang sejarah bumi berada. Kita akan menemukan berbagai fenomena geologi, demografi yang sangat memukau. Tak heran jika Pemerintah mencanangkan Samosir akan menjadi Geo Park yang sangat luar biasa. Bagaimana menurutmu ketika kamu tinggal di bagian magma luar bumi ini? Samosir buktinya. Menabjubkan.

2. View Danau Toba Terindah


Ketika melihat danau Toba, memang tak afdol jika belum ke Samosir. Memang banyak view dari daerah lain yang menarik untuk dilihat. Dari Simalem, Haranggaol dan Muara. Tetapi jika kamu melihat dari daerah Samosir tepatnya dari Tele kecamatan Harian, kamu akan melihat pemandangan seperti goresan lukisan paling indah yang membuat matamu terpana. Ini seperti kamu melihat pegunungan indah dan danau bening di Swiss. Atau gambar pemandangan di kalender.  Di sini kamu bisa memperoleh spot sunset yang begitu indah.

3. Peninggalan Megalithikum yang Berharga



Peninggalan megalithikum tidak hanya di Nusa Tenggara. Samosir juga punya kejutan itu. Peninggalan sejarah merupakan aset paling penting di Samosir. Banyak dari potensi wisata Samosir menawarkan wisata peninggalan zaman batu besar. Ketika kamu berkunjung ke daerah Tomok atau Siallagan kamu bisa melihat kuburan Raja Sidabutar, atau kompleks Raja Siallagan dll. Yang paling mengejutkan adalah peninggalan batu besar di Samosir sangat beragam, bisa  dibayangkan bagaimana peradaban yang berlangsung pada zaman dulu. Menarik bukan?

4. Pucuk Buhit Asal Mula Orang Batak


Tak heran jika ini yang membuat Samosir bersinar. Legenda yang masih bertahan hingga sekarang memberikan impuls pada kita. Kekayaan sejarahnya telah membuat Samosir menarik diamati para peneliti Antropologi.
 
Pucuk buhit berada di kecamatan Si Anjur Mulamula dan kecamatan Pangururan. Di lereng Pucuk Buhit kamu bisa melihat betapa luar bisanya lembah indah dengan sawah yang terbentang. Air terjun Nai Gossop yang merasuki penggila alam di Samosir atau meirik betapa sakralnya Batu Sawan.

Tak hanya itu kamu bisa menikmati pendakian yang menguras tenaga ke puncaknya. Pendakian paling menyenangkan ketika bersama temanmu yang mencintai keindahan. Dan yang paling penting kamu bisa belajar mengenai legenda asal mula Batak. Di sana ada rumah khusus (Ruma Guru Tatea Bulan) berbagai patung Raja Batak   dan keturunanya pada masanya. Atau bisa menambah sejarah dan mitos lewat Aek Sipitu Dai (air tujuh rasa) dan Batu Hobon (batu besar berisi peninggalan berharga raja Batak pada masanya)

5. Pulau Pulau Kecil dan Danau Danau Kecil

Jangan hanya mengenal pulau Samosir di danau Toba, itu kesalahan besar yang harus kamu lupakan. Ketika naik ke puncak gunung Pucuk Buhit lihatlah bagaimana sebuah pulau kecil tak berpenghuni dengan indah berdiri di birunya danau Toba. Yang ini namanya, Pulau Tulas di kecamatan Sianjur Mula Mula. Kemudian ketika kamu pergi ke sepanjang jalan Simanindo ke arah Tomok dan Tuktuk lihatlah gugusan pulau kecil yang sangat memukau. Menarik bukan?

Memang istilah ini sangat trend di Samosir, Danau di atas danau. Tak dipungkiri lagi keindahan danau kecil di ketinggian pulau Samosir.

Danau Sidihoni di kecamatan Ronggur Ni Huta dan danau Aek Natonang di ketinggian daerah Tomok. Meski merupakan danau kecil tapi indahnya tak dapat dipungkiri lagi. Bukit rumput hijau mengelilinginya seakan berada di luar negeri. Ini cocok untuk kamu yang mencoba melepas kelelahan, dan menikmati kesunyian.

6. Tuktuk Siadong Jantungnya Industri Wisata Samosir



Siapa bilang di Samosir gak ada tempat hiburan, hotel berbintang, atau cafe? Sebaiknya pandangan tersebut kamu hapus. Ketika berda di Tuktuk Siadong kamu akan menemukan banyak fasilitas wisata yang sangat bervariasi seperti restoran western dan asian,  villa unik, resort mewah, atau live music dan cafe yang sangat etnik.  Karena itu wisatawan mancanegara lebih memilih untuk menginap di sini. Daerah ini menjadi jantung industri pariwisata kawasan danau Toba. Tuktuk juga menawarkan landscpae danau Toba yang sangat unik. Karena, Tuktuk merupakan semenanjung besar di timur pulau Samosir berhadapan dengan danau Toba.


7. Terusan Tano Ponggol


Memang seperti itulah namanya. Tano ponggol  atau “tanah terbelah”. Di dunia hanya ada tiga terusan yakni Terusan Panama, Terusan Suez dan satu lagi terusan Tano Ponggol. Terusan ini merupakan kanal besar yang dibangaun pada masa penjajahan belanda uNtuk menghubungkan danau Toba bagian utara dan selatan di daerah Pangururan. Guna memudahkan akses ke seluruh wilayah danau Toba. Dari sini kita juga bisa melihat jembatan Tano Ponggol yang menghubungkan Pangururan ke arah Tele dan kota lainnya, seperti daerah Dairi, Tanah Karo dan Medan suoaya akses transportasi ke luar daerah teratasi.


8. Pulau Seribu Kuburan, Pulau Seribu Tugu

   

Ketika bepergian ke Samosir jangan pernah tertidur coba lihat kiri kanan jalan banyak masyarakat mendirikan tugu dan kuburan dengan ciri khas arsitektur yang sangat menarik. Perpaduan budaya Batak Toba dan agama Kristiani kerap ditonjolkan. Yang menarik adalah ada banyak bangunan tugu yang ukurannya sangat besar dan membutuhkan budget besar. Tak disangka ini menjadi seperti fenomena berlomba membangun kejayaan dari Tugu atau makam. Nah itu dia ciri khas orang Samosir, cinta pada daerahnya.


9. Danau juga Punya Pantai


Tak usah ke laut untuk menikmati pasir putih dan atmosfir pantai. Di samosir tepatnya di desa Parbaba kamu bisa menikmati danau dengan suasana pantai. Kamu bisa mencoba berbagai wahana seperti volley pantai, banana boat, sepeda air dan masih banyak lagi. Tidak kalah dengan pantai-pantai di laut. Pantai pasir putih parbaba memang berkembang signifikan, tempat ini sering digunakan para anak muda, dan keluarga untuk liburan dengan harga yang terjangkau. Satu hal yang membedakan dengan pantai di laut adalah rasanya ini tawar. Itu saja.


10. Samosir Surga yang Tak Berdusta

Mengapa Samosir di sebut negeri indah kepingan surga? Itu tidak berlebihan memang. Ketika melihat Samosir cobalah mengamati sekelilingmu tidak ada hal yang tak unik yang kau amati. Semuanya begitu indah. Inilah yang membuat aku kagum dengan tanahku ini, air begitu melimpah, bukit hijau berseri, masyarakatnya yang lugas dan tegas, budayanya yang eksotik dan kekentalan sejarahnya masih dipelihara hingga sekarang. Nah apa lagi yang tak ada di Samosir? Dia ngak pernah berdusta kok!. 


Oleh: March Hot Asi Sitanggang
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang 2014
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment