Dragon Boat Samosir, Merah Putih Tetap Berkibar di Thailand

Kampu Manik, Beresman Simbolon dan Raja Thailand
Partukkoan – Samosir

Prestasi yang membanggakan diraih Tim dayung Lugahon dari Kabupaten Samosir, Sumatera Utara utusan Negara Kesatuan Republik Indonesia ketika mempertahankan gelar juara Dragon Boat Race for Royal Thropy di Narathiwat, Thailand Selatan, Negara Thailand.

Bendera merah putih dikibarkan di Sungai Bannara tempat bertanding, usai pendayung Lugahon keluar sebagai pemenang di garis finish. "Indonesia, Indonesia, Indonesia" teriak Bresman Simbolon S.Pd menceritakan pertandingan itu kepada Partukkoan di ruangan Bidang Olahraga, Dinas Sosial, Tenaga Kerja, Pemuda, dan Olahraga KabupatenSamosir, Senin, 28 September 2015.

Bresman mengatakan, panitia penyelenggaraan kegiatan tersebut menyebut pedayung Lugahon dengan ucapan: Samosir Indonesia.

Dari Kabupaten Samosir, pedayung Lugahon membawa harum nama Republik Indonesia dengan mempertahankan prestasi juara dihadapan Raja Thailand. Sebelumnya, pada tahun 2014 lalu, rombongan pendayung Lugahon juga meraih Juara untuk yang pertama kali.

Diceritakan Bresman, "setiap pertandingan tim Lugahon selalu menduduki posisi pertama, tidak ada raut muka lelah ditunjukkan para atlet. Semangat yang luar biasa ditunjukkan," ujarnya.

Sementara, Pelatih Lugahon Gusar Sitanggang mengatakan untuk mempertahankan gelar juara cukup berat. Gusar mengakui kekuatan tuan rumah hampir menyamai dalam mengalahkan tim Lugahon.

"Kami sangat bersyukur bisa kembali jadi juara. Persiapan kami cukup matang dan seluruh anggota tim tetap fokus dengan tidak memandang enteng tim manapun. Itu yang membuat kami bisa mencapainya," ujar Gusar, seperti dikutip dari Antara.

Pada perebutan juara dalam babak final,satu dayung yang digunakan tim Lugahon patah. Namun, masih bisa dipergunakan walau seadanya. Gusar Sitanggang sebagai pelatih tetap menyemangati pendayung Amson Situngkir, Markus Simanjorang, Rikson Simarmata, Sampe Tua Simarmata, Iman Simanjorang, Ratto Simarmata, Jusman Simarmata, Sogit Naibaho, Julianus Sitanggang, Juki Sitanggang, Mangiring Tua Sitanggang, dan Penti Sitanggang sebagai pengemudi mempertahankan kejuaraan dalam ajang Dragon Boat di Narathiwat, Thailand.

Kepala Dinsostekpora Kabupaten Samosir, Drs. Kampu Manik MM, didampingi Kepala Bidang Olahraga Bresman SimbolonS.Pd, Kepala Seksi Olahraga Pendidikan Jenni Purba S.Pd, beserta seluruh atlet mengumumkan pencapaian yang diraih pendayung Lugahon pada saat purna tugas Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon beberapa waktu lalu di Halaman Rumah Dinas Bupati.

Oleh: Abidan Simbolon
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment