Karnaval Kampanye Damai Pilkada Samosir Berlangsung Semarak

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir berfoto bersama di Tanah Lapang Mogang Palipi
Partukkoan - Samosir

Kampanye damai Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Samosir dengan titik kumpul dari lapangan Mogang Palipi Kabupaten Samosir (17/10) berlangsung baik dan semarak.

Pengamatan Partukkoan dilapangan, masing-masing paslon mendapat kesempatan menyuarakan yel-yel mereka (para calon) yang kemudian diikuti dengan prosesi adat batak manortor dimana setiap pasangan calon bersama rombongannya mendapat sambutan dari pihak KPU Samosir.

Manginar Sitanggang atau sering dipanggil Amco sebagai moderator pasangan calon nomor urut 1 Horas (Hatorangan Simarmata – Oloan Simbolon) dengan semangat meneriakkan yel-yel mereka dihadapan para pendukung mereka. “Horas menang rakyat senang” teriaknya keras disambut riuh semangat para pendukungnya.

Kemudian, diikuti dengan yel-yel pasangan nomor urut 2 (Alusdin Sinaga-Ober Sihol Parulian Sagala), dengan slogan SMS (Samosir semakin sejahtera) yang sedikit unik dari yel-yel lainnya. Alusdin Sinaga yang tampil langsung didepan meneriakkan yel-yel mereka dengan mengkombinasikan seluruh slogan pasangan calon.

“Horas, ahu do ho, ho do ahu, rap berjuang ma hita pamonanghon Alusdin Ober” ucapnya keras disambut riuh dari para pendukungnya dan para peserta lainnya yang hadir.

Lebih lanjut, pasangan calon dengan nomor urut 3 (Raun Sitanggang-Pardamean Gultom) dengan singkatan Raun Dame meneriakkan yel-yel mereka yang di moderator oleh Oloan Simbolon dengan kalimat Ahu do Ho, Ho do Ahu.

“Ahu do ho, au do ho, samosir, samosir, Raun Dame, Raun Dame, Horas” teriak Oloan lantang disambut semangat oleh para pendukung Paslon dengan nomor urut 3 itu.

Sementara, paslon dengan nomor Urut 4 (Rapidin Simbolon-Juang Sinaga) yang dimoderator oleh Hamonangan Simbolon meneriakkan yel-yel mereka dengan mengkombinasikannya dengan menyanyikan lagu-lagu.

“Rap Berjuang, Rap Berjuang, Rap Berjuang. Rapidin Simbolon Juang Sinaga pilihanku, Rap Berjuang pilihanku untuk rakyat samosir” kata pria yang sering dijuluki Simbolon Parende itu dengan alunan suara dalam bentuk lagu.

Kapolres Samosir, AKBP Eko Suprihanto dalam kesempatan itu menghimbau agar semua pihak sama-sama menjaga situasi dan kondisi kantibmas di wilayah kabupaten samosir.

“Situasi samosir saat ini cukup kondusif, Jangan lagi misalnya ada intrik-intrik yang terjadi yang bisa mengganggu stabilitas” ujar Eko.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Samosir Maurid Ahop Gultom mengharapkan agar seluruh pihak agar taat azas dalam melaksanakan prose pemilihan bupati dan wakil bupati samosir.

Dan kepada semua pihak lanjut dia, untuk membantu proses pengawasan partisipatif supaya proses pilkada dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, dirinya juga meminta supaya semua pihak penyelenggara agar dapat mengambil sikap netral. “mempunyai prilaku yang sama dalam melayani semua pasangan calon” tegas Maurid.

Kampanye damai dengan memuat pernyataan sikap siap kalah, siap menang, siap dipilih dan siap tidak dipilih, diwarnai dengan karnaval kenderaan beriringan dimulai dari tanah lapang mogang menuju ke tanah lapang ambarita. (red)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment