KPU Fasilitasi Tamplate Setiap TPS Bagi Penyandang Disabilitas

Partukkoan - Padang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menfasilitasi template setiap tempat pemungutan suara bagi penyandang disabilitas dalam pelaksanaan Pilkada.
     
"Setiap TPS akan diberi template bagi penyandang disabilitas, hal ini dilakukan untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam menyalurkan hak suaranya," kata Komisioner KPU-RI Ferry Kurnia di Bukittinggi  
      
Ia menjelaskan, bagi penyandang tuna netra, KPUD Depok akan menyediakan pembantu pencoblos dalam bentuk template surat suara.
     
KPU memberikan akses seluas-luasnya bagi semua kalangan, termasuk penyandang disabilitas. "Kami (KPU) wajibkan teman-teman penyelenggara, dalam menyusun TPS memperhatikan kebutuhan teman-teman disabilitas," ungkapnya.
     
KPU memberikan kemudahan akses kepada disabilitas antar lain lebar pintu masuk TPS, tinggi kotak suara yang mudah dijangkau, serta jarak antara dinding belakang TPS dengan bilik suara yang lebar.
     
"Seperti jarak antara pintu masuk TPS yang lebar untuk akses kursi roda, tinggi kotak suara tidak lebih dari 30 cm, sehingga mudah memasukkan surat suara kedalam kotak suara sendiri, termasuk jarak antara dinding belakang TPS dengan bilik suara kita atur sekurang-kurangnya 1 meter. sehingga akses pengguna kursi roda mudah dalam penyampaian hak pilih nya didalam bilik suara,” jelas Ferry.
     
Ia mengatakan, KPU akan terus melakukan sosialisisai kepada masyarakat di seluruh Indonesia. "Sosialisasi sangat penting dilakukan demi suksesnya pelaksanaan," katanya.
     
Khusus sosialisasi kepada disabilitas tambah Ferry saat ini KPU telah kerjasama dengan organisasi penyandang disabilitas bagaimana cara sosialisasi.
     
"Akan dibuat modul tersendiri untuk memudahkan cara sosialisasi kepada penyandang disabilitas," jelasnya.
     
Ferry menekankan kepada komisioner KPU Sumbar agar pelaksanaan Pilkada sukses, bagiamanapun Sumbar merupakan barometer dalam penyelenggaraan Pilkada serentak di Indonesia.
     
Sementara itu Divisi Sosialisasi KPU Sumbar, Nova Indra menyatakan, saat ini KPU Sumbar telah koordinasi dengan sejumlah kelompok disabilitas dalam melakukan sosialisasi.
     
"Dalam waktu dekat sosialisasi akan dilaksanakan untuk kelompok kebutuhan khusus di Sumbar," katanya.
      
Sebelumnya KPU Sumbar kerjasama dengan kelompok pemusik jalanan (KPJ) dalam melakukan sosialisiasi.
      
"KPU-KPJ membagikan masker kepada masyarakat sambil melakukan sosialisasi agar pergi ke TPS untuk memberikan hak suara,"ungkap Nova Indra.
      
Disisi lain Dudung koordinator KPJ Sumbar menyatakan KPJ dan KPU telah beberapa tempat di Kota Padang melakukan sosialisasi sambil bagikan masker kepada masyarakat.
      
Kemarin (Kamis) KPJ-KPU melakukan sosialisasi di objek wisata Kota Bukittinggi yakni Jam Gadang sambil bagikan masker untuk mengajak masyarakat agar datang ke TPS pada  9 Desember 2015.
      
"Bagaimanapun satu suara menentukan nasib Sumbar kedepannya, janganlah masyarakat Sumbar untuk tidak memberikan hak suaranya pada Pilkada yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang," ungkapnya.

Oleh: Derizon Y.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment