Wilayah Sumatera Masih diselimuti kabut asap

Partukkoan - Padang

Hampir seluruh wilayah di Pulau Sumatera pada hari ini ditutupi oleh kabut asap.
 
"Laporan dari petugas di Bandar Udara utama menyebutkan penurunan jarak pandang yang menyebabkan terganggunya aktivitas penerbangan," kata Staff BMKG GAW Koto Babang, Alberth saat di hubungi dari Padang, Selasa (06/10/2015).
 
Ia menjelaskan, kabut asap juga meluas di Semenanjung Malaysia hingga selatan Thailand.
 
"Wilayah Kepri dan Babel tak luput dari kondisi yang serupa, sebagian terkena imbas dari kabut asap hasil karhutla di Kalimantan," ujarnya.
 
Dari Prov. Sumbar, kondisi kualitas udara masih belum membaik. Monitoring PM10 di Bukit Kototabang pada hari ini konsisten berada di kategori ISPU TIDAK SEHAT.
 
"Sementara di lokasi lainnya di provinsi ini, kabut asap juga dirasakan sangat mengganggu terutama untuk wilayah di bagian timur Sumbar yang memang teridentifikasi sebagai daerah yang sangat terdampak," jelas Alberth.
   
Ia menyatakan berdasarkan pantauan titik panas dan prospek kabut asap seperti biasa akan diinformasikan besok pagi, setelah semua data terkompilasi.
 
"Namun dari hasil yang diperoleh sampai sore tadi, prospeknya belum menunjukkan terlalu menjanjikan," katanya.
   
Sementara itu Aan Warga Padang menyatakan kabut asap telah menyelimutti Padang.
 
"Sinar matahari memancarkan cahaya merah membuat suasana seperti sore hari padahal masih pagi," katanya.
 
Ia menyebutkan walaupun sekitar pukul 19.00 wib Padang diguyur hujan namun kabut masih tetap terlihat dari sinar lampu di jalan raya.
 
"Hujan hanya turun sekitar 30 menit namun kabut asap tetap ada," ungkapnya.

Oleh: Derizon Y
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment