Anda Ingin Sehat, Kuasai Pikiranmu

Partukkoan - Samosir

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan hubungan antara pikiran dan kesehatan. Kedua hal tersebut sangat erat kaitannya. Sebuah hubungan khusus antara, pikiran, emosi/perasaan dan kesehatan yang dititik beratkan pada tubuh.

Secara fakta dan pengalaman, ketika pikiran bekerja dengan keras maka kekuatan tubuh yang akan dikeluarkan jauh lebih besar dibanding dengan kegiatan yang hanya menggunakan fisik semata. Pikirian mampu mempengaruhi seluruh organ dan metabolisme dalam tubuj, sebab respon seluruh tubuh  berasal dari signal yanh berasal dari pikiran, sehingga sudah pasti ketika pikiran mengalami kelelahan atau kejenuhan niscaya tubuh akan ikut merasa lelah.

Sebagai contoh, ketika seseorang mengalami stress berat atau Depresi, maka kinerja jantung dipastikan akan terganggu, bukan hanya itu, aliran darah juga tidak lagi berada pada kecepatannya, selanjutnya yang paling sering mengalami dampak adalah perut.

Acap kali stress yang berlebihan membuat seseorang mengalami asam lambung, padahal respon tersebut akibat dari reaksi pikiran yang mengalami stress tinggi.

Walter Cannon seorang Fisiologi Harvard University pernah mengungkapkan bahwa stress yang tidak tekontrol dapat membunuh, karena stress, keputusasaan, perasaan terancam dan perasaan perasaan negatif lainnya tersebut akan meningkatkan tekanan darah, denyut jantung, ketegangan otot, dan frekuensi pernafasan termasuk ketidakseimbangan hormon yang dikeluarkan tubuh.

Dalam kesehatan, umumnya dokter yang berpengalaman dalam mengatasi penyakit yang diderita pasiennya adalah dengan mensugesti pikiran pasien agar tetap tenang dan nyaman. Karena ketika pikiran pasien semakin panik, maka mengatasi penyakit justru akan semakin sulit.

Dalam dunia kesehatan sering disebut dengan plesebo efek, dimana efek menenangkan dan menyenangkan pikiran menjadi sebuah upaya handal dalam mempercepat penyembuhan. Contohnya, dengan menyakinkan bahwa sebutir pil vitamin (penderita belum tahu bahwa pil tersebut hanyalah vitamin) akan sangat manjur jika diminum untuk mengatasi penyakit, lalu penderita kemudian meminum dan terbukti kemudian berangsur-angsur sehat.

Sebenarnya, kesembuhan yang dialami bukan serta merta akibat dari pil tersebut, namun akibat rangsangan pikiran yang tenang dan nyaman menerima keyakinan bahwa obat tersebut manjur mengatasi penyakitnya membuat tubuh merespon membangkitkan antibody.

Untuk itu, kemudian muncullah berbagai teknik dan cara agar terjalin keseimbangan antara tubuh dan pikiran, seperti dengan yoga, meditasi, hipnotis dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara tepat membuat pikiran tetap tenang dan stabil?

Berbagai cara mungkin telah banyak dibuat dan disalin. Bahkan banyak jalan yang salah ditempuh orang untuk mengamankan pikirannya, seperti menggunakan obat penenang, pergi ke kafe-kafe, minum minuman keras yang membuat tubuh akan semakin lemah.

Cara jitu dan sangat tepat yang sudah teruji adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, rajin mengikuti kegiatan-kegiatan kerohanian, rajin bersosialisasi dan berbaur dengan masyarakat sekitar dan yang paling penting memiliki sikap membagi beban pikiran kepada sesama terlebiha kepada Tuhan, maka, mudah-mudahan pikiran kita akan dapat terkendali dengan baik.

Oleh: Marcopolo Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment