Bawaslu Periksa Muslim Kasim Terkait Kelebihan Sumbangan Dana

Partukkoan - Padang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat memeriksa Muslim Kasim calon wakil Gubernur Sumbar terkait kelebihan uang oleh penyumbang ke rekening dana kampanye untuk pasangan Gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1.

"Muslim Kasim datang ke Bawaslu untuk dimintai klarifikasi adanya kelebihan dana kampanye di rekening oleh penyumbang,"kata Kepala Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sumbar Yoni Syah Putri di Padang.
    
Ia menjelaskan, Bawaslu Sumbar selain memanggil Muslim Kasim, juga telah memeriksa Fauzi Bahar pada (4/11) dan juga meminta keterangan dari Yul Akhiari Sastra tim dari pasangan nomor urut 1 tersebut.
    
"Kemungkinan Bawaslu juga bakal memanggil penyumbang dana kampanye tersebut,"ujarnya. 
 
Sebelumnya, penyumbang atas nama Bujang Pandawa dan Datuak Bagindo Kali masing-masing mentransferkan dana ke rekening kampanye pasangan nomor urut 1 sebesar Rp75 juta. Dalam aturan,  batas maksimal penerimaan dana dari pihak lain yang dapat diterima pasangan calon kepala daerah pada Pilkada 2015. Dana sumbangan individu dibatasi pada angka Rp 50 juta. Sedangkan, dari pihak swasta atau kelompok maksimal boleh diterima pasangan calon kepala daerah sebesar Rp 500 juta selama masa kampanye.
    
"Kelebihan sebesar Rp25 juta yang ditransfer oleh individu tersebut akan dikembalikan ke negara,"jelas Yoni.
    
Ia mengatakan, kelebihan transfer dana ke rekening dana kampanye paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar nomor urut 1 tersebut atas temuan Bawaslu Sumbar.
    
"Bawaslu mencurigai adanya kelebihan dana yang ditranfers oleh dua orang penyumbang ke rekening dana kampanye untuk pasangan nomor urut 1,"ungkapnya.
    
Ia menjelaskan, saat ini kasus kelebihan dana tersebut sedang dalam pembahasan Sentra Gakkumdu Polda Sumbar.
    
"Penangan pidana Pilkada dilakukan Sentra Gakkumdu Polda Sumbar.  Berharap Gakkumdu ini benar-benar bisa mengefektifkan penegakan hukum,"ujarnya.
    
Sementara itu Muslim Kasim calon Gubernur Sumbar didampingi tim sukses setelah diminta klarifikasi oleh Bawaslu tidak mau berkomenter. "Silahkan tanya sama Bawaslu Sumbar,"katanya.

Oleh: Derizon Yazid
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment