Belum Akuntabel dan Transaparan, Kepala Daerah Diminta Berinovasi

Partukkoan - Jakarta

Sistem akuntansi laporan keuangan di tingkat kabupaten/kota dinilai hingga saat ini belum optimal. Laporan keuangan pemerintah daerah juga belum terlalu akuntabel dan transparan. Untuk itu para kepala daerah diminta berinovasi atau membuat terobosan dengan menciptakan model perhitungan sistem basis akural (Accural Base).

“Ini model baru, lebih detail. Hasilnya pasti lebih bagus,” ucap Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam Workshop Akuntansi di Gedung BPK RI, Selasa (24/11/2015)

hal ini lanjut dia, tentunya menyangkut transparansi dan sistem pelayanan publik sehingga sistem tersebut akan mulai diperbaiki melalui Irjen dan Dirjen Keuangan Daerah (Keuda) dibantu Kementerian Dalam Negeri.

Lebih lanjut, usai pilkada 2015 pihak kemendagri akan mengundang semua kepala daerah terpilih untuk melangsungkan pendidikan dan latihan sekaligus akan mengawal proses akunting di daerah sambil berkordinasi dengan BPK, BPKP dan Kementerian Keuangan.

Menurutnya, permasalahan dalam menerapkan sistem ini terletak pada sumber daya manusia (SDM). Belum ada kesiapan mulai dari kuantitas, kompetensi dan komitmen.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment