Gempa 6.0 SR guncang Madina dirasakan warga Sumbar


Partukkoan - Padang

Gempa kekuatan 6.0 SR, yang terjadi di Madina-Sumut pada Minggu (8/11) sekira pukul 16:34:57 WIB turut dirasakan warga Sumbar, diantaranya yang terkena adalah Kota Padang, Pariaman, Padangpanjang. 

"Terasa berayung saat gempa terjadi di Madina," kata Ana salah seorang warga Padang, Minggu (08/11/2015).

Diceritakannya, saat itu dirinya sedang nonton televisi di ruangan rumah, tiba-tiba terasa berayung. "Ayunan hanya terasa sebentar,  namun langsung ke luar rumah," ujarnya. 

Khawatir tertimpa bangunan dia segera keluar rumah. Ana mengaku masih merasa trauma akan kejadian gempa 30 September 2009 lalu. 

"Apalagi gempa dari laut rasa takut ada tsunami ditambah lagi hujan landa Padang," ucapnya. 

Hal senada juga dikatakan Maryulis warga Padangpanjang, Maryulis mengatakan terasa berayun saat gempa melanda Madina. "Ayunan terasa lama dirasakan saat gempa tersebut," katanya. 

Warga saat terjadi gempa sebagian ada keluar rumah namun ada di dalam rumaah. "Warga berharap gempa tidak melanda Sumbar," harap Maryulis. 

Berdasarkan data BMKG gempa kekuatan 6.0 SR, terjadi pada 08 November 2015 sekitar pukul 16:34:57 WIB, berada di Lokasi: 0.57 Lintang Utaraa, 98.71 Bujur Timur, 85 km Barat Daya Mandailingnatal-sumut dengan Kedalaman 96 Km di dasar laut dan tidak berpotensi tsunami.

Sementara, Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyatakan berdasarkan laporan gempa terasa kuat di Kab. Mandailing Natal selama 5 detik, Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. "Terasa cukup kuat di Kab. Nias Selatan lebih kurang 5 detik. Masyarakat sempat panik dan belum ada dampak kerusakan," katanya. 

Diterangkannya, pusat gempa berada di laut. Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI. Gempa dirasakan di Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. "Berdasarkan peta gempa dirasakan intensitas gempa III-IV MMI di Mandailing Natal, II-III MMI di Tapanuli Selatan, II-III MMI di Padang, III MMI di Gunung Sitoli, II MMI di Pulau Samosir, II-III MMI di Mentawai, dan III-IV di Padang Sidempuan," jelas Sutopo.

Oleh: Derizon Y
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment