Ini Alasan Kenapa Kita Harus Sarapan Pagi


Partukkoan - Samosir

Sering kita menganggap remeh dengan sarapan pagi, padahal sarapan pagi merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyehatkan. Sarapan pagi memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Dasar dari kekuatan manusia berawal dari sarapan pagi, sehingga jika kita melewatinya, maka dipastikan beberapa penyakit akan "menghampiri", salah satunya yang sering ditemui adalah penyakit maag.

Selain menghindari penyakit, tentunya sarapan pagi akan memberikan dampak luar biasa saat menjalankan aktivitas. Akan tetapi tentunya dalam memenuhi sarapan pagi disarankan agar memakan makanan secukupnya.

Ketika ketika beristirahat di malam hari, tentunya saat itu tak ada satupun makanan yang masuk ke dalam tubuh, namun meski demikian, organ tubuh tetap bekerja. Sehingga, kadar gula akan menurun. Dengan menikmati sarapan pagi, maka energi yang telah keluar akan digantikan dengan sarapan itu. Jika sarapan pagi dilewatkan, tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot liver yang disebut glycogen. 

Kemudian akibat seringnya tubuh menggunakan cadangan gula dari lapisan otot liver maka tubuh akan kekurangan oto liver, hal inilah yang menjadi salah satu penyebab penyakit maag dan lainnya, sebab Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang.

Sarapan pagi yang rutin dilakukan akan meningkatkan konsentrasi kerja otak. Bukan hanya otak saja, namun ada banyaj kesehatan tubuh yang akan dinikmati kelak jika sarapan pagi sudah menjadi kebiasaan.

Penyakit di hari tua seperti darah tinggi, obesitas, jantung, sampai dengan diabetes akan dikurangi akibat sarapan pagi yang sudah dibiasakan.  

Sementara untuk anak-anak termasuk pelajar, sarapan pagi merupakam salah satu hal yang paling urgen dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu menentukan daya kerja otak mereka dalam menangkap pelajaran yang diterima.

Menjaga agar anak tidak sering jajan juga menjadi alasan orang tua memberikan sarapaj kepada anak-anak mereka.

Namun dibalik itu semua, potensi sarapan pagi yang kita dapatkan tergantung dari asupan gizi yang diberikan. Semakin baik kandungan gizi saat sarapan pagi, maka akan semakin besar keuntungan atau manfaat yang diraih.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment