KPU Sumbar Rencanakan Ganti 140 APK Yang Rusak

Partukkoan - Padang 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar berencana pada Rabu (11//11) akan mengganti dan mendistribusikan 140 Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon (paslon) gubernur yang rusak di 19 kabupaten/kota. Baca juga: KPU Sumbar perbaiki brosur salah cetak

"Jika proses pencetakan dapat selesai hari ini, Senin (9/11) dan Rabu (11/11) langsung didistribusikan ke masing-masing kabupaten kota di Sumbar," kata Koordinator Divisi Logistik KPU Sumbar Fikon di Padang. 

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan yang diterima oleh KPU Sumbar dari masing-masing daerah kerusakan didominasi oleh kondisi alam, dan untuk APK yang sengaja dirusak oleh oknum akan diproses langsung oleh KPU kabupaten kota dengan pihak kepolisian. 

"Dirusak juga ada, seperti dirobek dengan silet, ada juga yang hilang, dan tindaklanjutnya tentu kita lakukan penggantian. Kalau yang sengaja dirusak akan diproses, dengan pihak kepolisian," ujarnya. 

Provinsi sudah menerima laporan dari KPU kabupaten kota berapa jumlah kerusakan APK paslon gubernur dan wakilnya. Diketahui, APK jenis umbul-umbul terdapat 60 yang rusak, spanduk 60, dan baliho 20 yang rusak,"jelas Fikon. 

Ia mengatakan, untuk surat suara pilgub Sumbar sudah di cetak dan didistribusikan sejak tanggal 5 November 2015. 

Hingga hari ini, Senin (9/11) sudah sampai di sejumlah kabupaten kota diantaranya Pariaman, Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Pasaman Barat. 

Untuk daerah Bukittinggi, Limapuluh Kota, dan Pasaman sedang dalam perjalanan. Pihaknya juga menargetkan Senin ini semua surat suara sudah sampai di masing-masing kabupaten kota. 

"Untuk Dharmasraya, Sijunjung, Solok, Kota solok juga masih dalam perjalanan," katanya. 

Sementara untuk tinta, formulir, juga sudah sampai di KPU 19 kabupaten kota di Sumbar, dan sampul juga sebagian besar sudah sampai. 

"Namun hari ini, kami menargetkan semuanya sudah sampai, karena selebihnya sudah dalam perjalanan dan sudah mulai mendistribusikan sejak tanggal 4 November," jelas Fikon. (Derizon Y)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment