Meski Insiden Terjadi, Rusia tetap ingin bekerjasama dengan Amerika Serikat

 Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara saat konferensi pers setelah pertemuan dengan Presiden Prancis Francois Hollande di Kremlin di Moskow, Rusia, 26 November 2015. Reuters / Alexander Zemlianichenko
Partukkoan - Moskow

Rusia tetap menginginkan kerjasama dengan Amerika Serikat dan koalisi negara negara lainnya untuk mengatasi ISIS di suriah, namun tetap khawatir akan terjadinya pengulangan insiden tertembaknya jet rusia oleh turki beberapa waktu lalu.

"Kami siap untuk bekerja sama dengan koalisi yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Tapi insiden seperti penghancuran pesawat kami dan kematian prajurit kami, benar-benar tidak dapat diterima," kata Putin dalam konferensi pers didampingi Presiden Prancis Francois Hollande, seperti dikutip dari reuters Jumat, (27/11/2015).

Atas kejadian itu, Putin mengatakan akan meningkatkan kerjasama militer Rusia dan Prancis termasuk dengan bertukar informasi sekaligus menciptakan koalisi internasional demi menyatukan Rusia dan negara-negara Barat.

"Dan kita lanjutkan dari posisi tanpa pengulangan kejadian ini, kalau tidak, kita tidak butuh kerjasama dengan siapa pun, koalisi apapun, negara manapun." Tambah Putin.

Ia mengatakan ia dan pemimpin Prancis telah menyepakati kerjasama dalam waktu dekat, secara bilateral secara keseluruhan bersama koalisi yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

"Kami berbicara tentang penunjukan wilayah, tentang pertukaran informasi tentang berbagai isu, dan koordinasi tindakan kita, dan berbicara tentang medan perang , "kata Putin.

Kerjasama bilateral dengan Prancis, kata dia bertujuan untuk membangun kerjasama spesialis militer, untuk menghindari duplikasi dan menghindari serangan sehingga siap untuk melawan terorisme. "Kami melihat ini sebagai pembentukan koalisi anti-teroris yang luas di bawah naungan PBB," kata Putin.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment