M.Sayuti: Kedua Pasangan Cagub Belum Fokus Soal Sosial dan Budaya

Ilustrasi/ Merdeka/ net
Partukkoan - Padang

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, M.Sayuti menyatakan dari segmen pertanyaan moderator kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar belum fokus soal sosial, budaya dan Agama. 

"Belum terarah apa yang di katakan oleh kedua pasangan calon kepala daerah soal sosial, budaya dan Agama," kata M.Sayuti setelah debat kandidat yang diadakan KPU Sumbar di Hotel Bumi Minang Padang

Padahal kedua pasangan calon tersebut kata dia, belum pernah menjabat Gubenur dan Wakil Gubernur, kelihatan sekali program yang ditanyakan moderator belum sepenuhnya terlaksana. "Sehingga kedua paslon tersebut gugup saat menjawab pertanyaan yang diajukan moderator soal sosial, budaya dan Agama," ungkapnya. 

Meski pertanyaan diajukan moderator soal sosial, budaya dan Agama merupakan program yang sudah lama ada. "Seharus kedua pasangan sudah fokus dan terarah untuk menjawab pertanyaan dari moderator bukannya gugup," tegas M.Sayuti. 

Ia mengatakan, soal mata pelajaran Budaya Adat Minangkabau (BAM) sudah ada diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 Tahun 2007 mata pelajaran wajib di sekolah. 

"Sekarang yang perlu Pergub dibuat agar dilaksanakan oleh kepala dinas kabupaten/kota di Sumbar," tandasnya. 

Ia menjelaskan, tidak adanya Pergub makanya sekarang mata pelajaran BAM di sekolah tidak ada lagi. "Efeknya juga berimbas bagi guru-guru yang mengajar soal BAM di sekolah," tambah dia. 

Ini harus menjadi perhatian bagi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yakni membuat Pergub agar mata pelajaran BAM. "Sehingga peserta didik di Sumbar tahu apa kebudayaan, serta adat istiadat minang," jelas M.Sayuti. 

KPU Sumbar menyelenggarakan debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Senin (16/11) sekitar pukul 15.30 -18.00 WIB di Hotel Bumi Minang, Padang. Kedua pasangan calon (paslon) yang akan berdebat yakni pasangan nomor urut 1, Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-FB), dan pasangan nomor urut 2 Irwan Prayitno-Nasrul Abit (IP-NA). Tema yang akan diangkat adalah sosial, budaya, pendidikan dan agama yang terdiri dari sembilan segmen. Debat kandidat mendapat pengawal dari personel polisi Polresta Padang, serta Polda Sumbar.

Oleh: Derizon Y
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment