Pemkab Samosir Gelar Pelatihan Jurnalistik

Plt. Sekda Kabupaten Samosir didampingi Asisten I, Drs. Mangihut Sinaga, Kabag Humas Lemen Manurung dan Hendra dari Fakultas Fisipol USU

Partukkoan - Simanindo

Sebanyak 120 orang peserta yang terdiri dari 60 orang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan 60 orang insan pers kabupaten samosir, mengikuti pelatihan jurnalistik sumber dana APBD Kabupaten Samosir T.A 2015 selama Dua hari mulai 05-06 November, bertempat di hotel Sanggam Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Kegiatan ini secara resmi dibuka Pj. Bupati Samosir Antony Siahaan yang diwakili oleh Plt. Sekda Kabupaten Samosir Tombor Simbolon, SH, MM, Kamis, (5/11) pada pukul 20.30 Wib di aula hotel Sanggam Kecamatan Simanindo.

Dalam arahannya, Tombor Simbolon mengatakan, orang yang bisa menguasai dunia adalah mereka yang menguasai informasi. Untuk itu seluruh peserta harus menguasai data informasi agar bisa memberikan informasi yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Jabatan PPID merupakan jabatan strategis, untuk itu kepada seluruh PPID di Kabupaten Samosir agar benar-benar mampu menguasai data informasi. Hal itu bertujuan untuk bisa memberikan data informasi yang baik dan akurat kepada publik" ucap Tombor

Dirinya berharap, melalui pelatihan itu, seluruh PPID dan juga rekan Pers, kedepan mampu lebih baik lagi dalam menyampaikan informasi secara berkala untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Tombor menjelaskan bahwa zaman ini merupakan zaman transparan. Tidak ada lagi hal yang boleh disembunyikan dari publik. Namun demikian, tetap masih ada informasi yang tidak boleh disampaikan kepada publik. Misalnya nama-nama orang yang terjangkit penyakit HIV/AIDS, karena hal itu menyangkut nama baik seseorang.

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten Samosir juga mendukung adanya kritikan dari rekan Pers melalui pemberitaan. "Karena hal itu merupakan upaya dalam mempercepat pembangunan dan perbaikan segala kekurangan dari pemerintah daerah" lanjut dia.

Lemen Manurung, S.Pd, Kabag Humas Samosir dalam laporannya menyebutkan, pelatihan jurnalistik tersebut sesuai UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Adapun tujuan dari pelatihan jurnalistik ini untuk menciptakan PPID pada setiap SKPD dan Pers sehingga dapat melayani kebutuhan informasi pada masyarakat dan dapat melakukan pemberitaan secara berkala. (Hb)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment