Raun - Dame Hadir Demi Perubahan Samosir


Partukkoan - Onan Runggu


Kehadiran Drs. Raun Sitanggang bersama  Ir. Pardamean Gultom yang resmi maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir untuk periode 2016-2021 dikarenakan panggilan hati atas kondisi Kabupaten Samosir yang masih bernaung dalam peta kemiskinan.

Semangat untuk mengubah Samosir menjadi lebih baik kemudian muncul ketika melihat kemiskinan itu menggerogoti masyarakat samosir, termasuk sulitnya mendapatkan air, harga-harga hasil pertanian yang masih jauh di bawah standart serta infrastruktur jalan yang harus segera dibenahi untuk merubah samosir kearah yang lebih baik.

“Jika Tuhan mengijinkan, kami sangat optimis bisa menuntaskan peta kemiskinan khususnya di daerah Kabupaten Samosir, alani hapogosan ni hutatta on do kehadiran nami nadua, untuk itu kami hadir” kata Pardamean Gultom saat ditemui Partukkoan Kamis (29/10/2015) di rumahnya di Kecamatan Onanrunggu.

Kemiskinan lanjut dia, memiliki penjabaran yang luas, yaitu: kemiskinan dibidang pendidikan, kemiskinan dibidang pelayanan publik, kemiskinan dibidang kesehatan dan bidang lainya.

Putra Onanrunggu itu menjelaskan, bahwa dalam menuntaskan hapogoson (kemiskinan-red) pemimpin yang baik harus memiliki niat yang tulus untuk melayani rakyat. Menurutnya, saat ini di Kabupaten Samosir pelayanan prima kepada masyarakat sangat sulit ditemui. Hal itu tentunya akan berpengaruh kepada kondisi sosial di Masyarakat.

Seharusnya lanjut dia, mulai dari tingkat Pemerintah Desa, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat sehingga terwujud pemerintah yang Good Governance .

Dirinya mencontohkan, dalam kepengurusan Administrasi Kependudukan baik akte lahir, KTP dan Kartu Keluarga, warga harus menempuh puluhan kilometer untuk melakukan kepengurusan dokumen kependudukan tersebut, belum lagi warga harus menunggu berbulan-bulan lamanya.

“Untuk itu kami berdua (Drs. Raun Sitanggang dan Ir. Pardamean Gultom) siap memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, karena pada prinsipnya, pemimpin dalam suatu daerah bukanlah untuk dilayani melainkan untuk melayani” tutur pria perawakan tinggi itu.

Ir. Pardamean Gultom juga mengaku siap melakukan reformasi birokrasi yang maksimal jika diberikan mandat dan kepercayaan oleh masyarakat samosir menjadi Bupati dan Wakil Bupati kelak.
“Pelayanan Prima, kemudian melihat letak geografis mata pencaharian penduduk dengan persentase 70 hingga 72% masih sebagai Petani Tradisional, sangat perlu dibangun waduk, sistim irigasi yang baik agar para petani semakin lebih sejahtera.” Pungkasnya.

Pasangan RaunDame juga memastikan akan meletakkan pembangunan sebuah embung dan bangunan irigasi yang tepat guna atau tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat dengan skala prioritas didaerah itu sehingga tidak sia-sia seperti yang terjadi selama ini.

"Terkait Pariwisata dan budaya, kita akan kembali menata semua Objek Wisata dan membangun Akses Infrastruktur Jalan yang memadai menuju lokasi objek-objek Situs Budaya dan tetap memperdayakan setiap Pemerintah Desa di daerah kita ini.” Katanya mengakhiri pembicaraan. (P-01)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment