Ruas Jalan Malalak-Bukittinggi Tertutup Tertimbun Longsor

Situasi jalan yang tertimbun longsor/ foto: DY
Partukkoan - Padang

Ruas jalan dari Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat menuju Kota Bukittinggi tertutup akibat tertimbun material longsor, pada Rabu (25/11) sekitar pukul 05.00 WIB.
    
Longsor terjadi di Jorong Limo Badak Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak Kabupaten Agam mengakibatkan arus lalu lintas terputus.
    
"Material longsor menutup jalan sepanjang 60 meter di  Jorong Limo Badak Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak Kabupaten Agam dengan material longsor tanah dan bebatuan," kata Hen salah seorang warga Agam saat di hubungi dari Padang.

Ia menjelaskan, hujan lebat mengguyur Kabupaten Agam sejak Selasa (24/11) hingga Rabu (25/11) yang berakibat tanah perbukitan amblas dan menimbun badan jalan.
   
"Kondisi ini membuat sebagian besar warga yang bermukim di kawasan Malalak Kabupaten Agam tidak bisa menggunakan akses menuju Kota Bukittinggi dan terpaksa berputar arah menuju Sicincin via Lembah Anai dan Padang Panjang untuk ke Bukittinggi,"ungkapnya.
    
Dari Malalak ke Bukittinggi hanya berjarak sekitar 20 kilometer. Namun jarak jika berputar arah menuju Sicincin-Lembah Anai dan Padangpanjang bisa mencapai 70 kilometer.
    
"Kalau disaat normal, hanya butuh waktu sekitar 15 hingga 20 menit dari Malalak ke Bukit­tinggi jika menggunakan jalur Simaka. Namun kalau berputar melalui Sicincin-Lembah Anai dan Padang Panjang bisa memakan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam lebih," ketusnya.

Oleh: Derizon Y.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment