Tragedi Paris, Prancis Tetapkan Status Darurat


Partukkoan - Paris

Serangan yang dilakukan teroris di sejumlah restoran, bom bunuh diri dekat stadion sepak bola Stade of France dan arena konser Bataclan menimbulkan ratusan korban jiwa. Menurut laporan yang dihimpun, tercatat hampir 140 orang tewas dari berbagai titik.

Seperti dilaporkan reuters Sabtu (14/11/2015) seorang pejabat di balai kota paris menyebutkan, 100 orang yang tewas dari Gedung Konser Bataclan dan 40 orang lainnya di berbagai titik lain.

Sebelumnya, orang-orang di dalam Gedung Konser Bataclan disandera oleh pelaku. Operasi polisi telah usai dan dua orang pelaku disebut tewas. Polisi berjaga di sekitar lokasi. Sementara itu banyak warga Prancis yang menunggu di luar lokasi gedung konser dengan wajah cemas. 

Kejadian tersebut membuat Negara Prancis menetapkan status darurat. Pengerahan pasukan ke wilayah paris juga dilakukan untuk menjaga keamanan dan mengantisipasi serangan baru.

"Saya juga meminta pengerahan militer. Mereka kini ada di area Paris, untuk memastikan tidak ada serangan baru yang bisa terjadi," kata Presiden Prancis Francois Hollande seperti dikutip dari reuters.

Selain pengerahan militer, Hollande juga memerintahkan penutupan seluruh area Paris dan sekitar dengan alasan keamanan. "Dua keputusan yang akan diambil: situasi darurat akan dinyatakan, yang berarti semua lokasi ditutup, lalu lintas dilarang, dan mungkin akan ada pemeriksaan di seluruh wilayah Ile de France (Paris dan sekitarnya)," ucap dia.

Sementara itu, pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia melalui Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum Indonesia (PWNI & BHI) Kemlu Lalu M Iqbal, Sabtu (14/11/2015) menyebutkan hingga saat ini belum ada korban jiwa dari insiden tersebut.

"Info sementara terkait insiden Paris yang kami terima dari wakil dubes di Paris. Sejauh ini tidak ada laporan korban WNI," terang Iqbal.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment