10 Daerah ini bakal dibentuk Badan Otoritas Pariwisata


Partukkoan - Jakarta

Badan Otoritas Pariwisata yang dibentuk di 10 daerah ini sebagai upaya dalam menjadikan daerah itu sebagai destinasi wisata favorit dan nyaman bagi turis mancanegara.

Ke 10 daerah tersebut diantaranya Danau Toba, Tanjung Kelayang, Gunung Bromo, Mandalika, Pulau Komodo, Pulau Wakatobi, dan Pulau Morotai Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur dan sekitarnya.

kemudian dari 10 daerah itu, ada lima yang perlu direvitalisasi, di antaranya Danau Toba, Pulau Komodo, ‎dan Candi Borobudur. Sementara 3 daerah yaitu Tanjung Lesung, Mandalika, dan Pulau Morotai masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK. Untuk dua daerah lagi Tanjung Kelayan dan Raja Ampat merupakan destinasi yang dipilih dengan pertimbangan khusus.


"10 destinasi itu terdiri dari 5 yang perlu revitalisasi, yaitu Danau Toba, Borobudur, Pulau Komodo itu revitalisasi. Tanjung Lesung, Mandalika, Morotai itu masuk KEK. Tanjung Kelayan karena cerita Laskar Pelangi. Lalu Wakatobi, di sana ada segitiga yang terdiri dari Bunaken, Raja Ampat, dan Wakatobi," papar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam konferensi pers di Kemenko Kemaritiman dan Sumber Daya, Jakarta, Senin (28/12/2015).

Untuk pilot project, Badan Otoritas Pariwisata akan dibentuk di Danau Toba. "Yang akan kita selesaikan Januari 2016 Danau Toba dulu sebagai model, nanti 9 destinasi lainnya kita buat secara paralel‎," kata Arief.

Badan Otoritas Pariwisata ini berwenang untuk membangun infrastruktur dasar seperti bandar udara, jalan raya, dan sebagainya.

Beberapa kementerian yang turut dalam bagian Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba ini adalah Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata, dan lain-lain. Pembangunan infrastruktur yang akan direncakan adalah jalan raya, pelabuhan, bandara, jaringan internet.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment