43 orang tewas saat badai di Amerika Serikat

Banjir di lingkungan sepanjang tepi Sungai Pea di Elba , Alabama , 26 Desember 2015. Reuters / Marvin Gentry
Partukkoan - Samosir

Sedikitnya 43 orang tewas saat badai melanda Amerika Serikat bagian selatan selama liburan akhir pekan. Banjir dan tornado yang terjadi membuat bangunan menjadi rata dan melumpukan arus transportasi selama bebera waktu.

Akibat badai itu, Gubernur Missouri dan New Mexico menetapkan keadaan darurat bagi negara-negara mereka. Sementara banjir bandang menewaskan sedikitnya 13 orang di Missouri dan Illinois.

Gubernur Jay Nixon mengatakan Minggu (27/12/2015), para penyelamat telah melakukan evakuasi secara darurat, sedikitnya delapan orang tewas dan sejumlah jalan raya telah ditutup.

Di Texas di daerah Dallas, sedikitnya 11 orang tewas akibat tornado. Puting beliung itu melanda kota Garland, menewaskan delapan orang dan menghempaskan kenderaan dari jalan raya. 

"Ini merupakan kehancuran besar," kata juru bicara Kepolisian Garland Letnan Pedro Barineau. "Ini adalah waktu yang sangat sulit karena badai yang mengerikan setelah hari Natal." tambahnya seperti dikutip dari Reuters.

Tiga kematian lainnya dilaporkan di wilayah metropolitan Dallas, Amerika Serikat keempat terpadat dengan sekitar 7 juta penduduk. Puluhan orang terluka di wilayah tersebut dan pejabat setempat memperkirakan ada sekitar 800 rumah telah rusak. 

Badai datang dari tornado yang melanda dua hari sebelum Natal, menewaskan sedikitnya 18 orang, termasuk 10 di Mississippi. 

Di Texas, Gubernur Greg Abbott mengatakan kantornya telah menyatakan Dallas County dan tiga wilayah di dekatnya adalah daerah rentan bencana. Dia juga memperingatkan orang-orang untuk waspada akibat salju di bagian barat.

Sementara Gubernur New Mexico Susana Martinez menyatakan keadaan darurat untuk seluruh negara karena badai musim dingin yang telah terjadi dengan ketinggian hingga mencapai dua kaki salju. Akibat kondisi tersebut, setengah dari penerbangan dibatalkan di Dallas.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment