Anggota DPR ini Sebut Johan Budi Tak Layak Dipilih

Nasir Djamil/ Net
Partukkoan - Jakarta

Hari ini merupakan hari pertama uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) bagi calon pimpinan KPK. Ada empat nama calon pimpinan KPK yang akan diuji diantaranya Johan Budi, Saut Situmorang Sujanarko dan Alexander Marwata.

Sementara, anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menyebutkan, Johan Budi dianggap tak layak dipilih karena latar belakang pendidikan yang non hukum.

"Staf ahli Komisi III DPR RI melakukan tracking, Johan Budi tidak layak jadi pimpinan KPK," kata Nasir Djamil di Gedung DPR RI seperti dikutip dari antara, Senin (14/12/2015).

Menurutnya, masukan staf ahli Komisi III DPR RI akan menjadi masukan bagi fraksi-fraksi di Komisi III DPR RI.

"Tidak ada pembicaraan awal apakah Johan Budi akan dipilih atau tidak. Kita serahkan ke masing-masing fraksi," lanjutnya.

Politisi PKS itu menerangkan,  Johan Budi pernah tidak lolos waktu uji kepatutan dan kelayakan capim KPK periode yang lalu.

"Dia kan pernah tidak lolos dulu. Apakah sekarang ada perubahan atau tidak, kita akan konfirmasi, mudah-mudahan bisa dia jelaskan dengan baik, apakah dia punya syarat atau tidak menjadi pimpinan KPK," kata dia.

Dari berbagai sumber yang dihimpun, uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) bagi delapan calon pimpinan KPK ini akan diadakan selama tiga hari mulai hari ini hingga tanggl 16 Desember 2015.

Untuk hari Selasa (15/12), 4 orang capim lainnya akan menjalani tes diantaranya yaitu Surya Tjandra, Robby Arya Brata, Basaria Panjaitan dan Agus Rahardjo.

kemudian pada hari Rabu (16/12), tersisa 2 capim KPK yang akan diuji yaitu Laode Muhammad Syarif dan Busryo Muqqodas. Meski demikian, Busyro dan Robby sudah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III pada 3 Desember 2014 dan 4 Desember 2014 yang lalu. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment