Ditanya tentang rencana revisi UU KPK, Johan Budi secara tegas menolak


Partukkoan - Jakarta

Johan Budi, salah satu calon pimpinan KPK dengan tegas menolak rencana revisi UU KPK saat ditanya anggota komisi III DPR RI dalam uji kelayakan dan kepatutan kepadanya.

"Saudara calon, beberapa orang kan mengatakan banyak kekurangan KPK, sehingga besok ini akan ada paripurna untuk menentukan revisi UU KPK yang akan menguatkan KPK. Setujukah dengan revisi UU KPK?" kata anggota Komisi III DPR dari fraksi PPP, Hazrul Azwar di ruang rapat Komisi III, kompleks parlemen, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Dengan tegas, Johan menolak ide untuk merevisi UU KPK. Menurut Johan, secara jelas revisi UU KPK sangat melemahkan lembaga anti korupsi itu.

"Selalu dikatakan, revisi untuk menguatkan, tapi begitu muncul draft, itu melemahkan KPK, yang muncul di publik kan banyak yang melemahkan. Entah itu draft yang benar atau tidak, tapi draft itu sangat melemahkan. Saya tidak setuju revisi UU KPK, saya tolak, meskipun dengan penolakan ini saya tidak dipilih tidak apa-apa," kata Johan yang langsung disambut tepuk tangan para pengunjung.

Anggota komisi III yang lain, Wenny Warouw dari fraksi Gerindra lalu menyindir Johan yang dianggapnya tidak memenuhi syarat sebagai pimpinan KPK. Johan pun menanggapi dengan santai.

"Anda harus instropeksi ini tentang syarat-syarat pimpinan KPK. Nasib Anda ada di tangan kami," tegas Wenny.

Selain menolak rencana revisi UU KPK, Johan Budi juga menolak wacana DPR untuk membentuk dewan pengawas KPK.

"Di KPK itu ada penasihat, untuk menindak apakah pimpinan itu melanggar atau tidak. Dewan pengawas itu jangan memanggil pimpinan KPK kalau menetapkan seseorang jadi tersangka, itu indepensi pimpinan KPK. Dewan pengawas hanya mengawasi etika pimpinan KPK, misal pimpinan bermain politik, namun itupun sudah ada penasihat yang bisa membentuk komite etik saat menemukan ada pelanggaran yang dilakukan pimpinan," kata Johan seperti dikutip dari detik. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment