Konsentrasi tinggi dapat sebabkan tuli sementara

Partukkoan - Samosir

Konsentrasi yang tinggi atau focus terhadap sesuatu ternyata dapat menyebabkan ketulian sementara. Hal itu menurut penelitian disebabkan respon otak ke indra pendengaran menjadi berkurang bahkan hilang samasekali.

Studi baru oleh peneliti di University College London menemukan bahwa orang yang sedang berkonstrasi dengan pekerjaannya mengalami tuli sementara. Untuk studi ini, peneliti merekrut 14 orang yang akan dilihat reaksinya selama eksperimen berlangsung.

Aktivitas otak peserta dimonitor selama melakukan serangkaian tugas yang makin lama, kesulitannya meningkat. Kemudian, peneliti memutar musik melalui headphone. Awalnya, tim peneliti yang diketuai Prof Nilli Lavie ini mengira peserta mengabaikan suara musik yang diputar karena mereka ingin fokus dengan pekerjaannya. Tapi ternyata, peserta benar-benar tidak mendengar suara itu.

"Kami menyimpulkan bahwa selama melakukan tugas yang sulit, respons otak terhadap suara berkurang secara signifikan. Sebab, saat peserta melakukan tugas yang lebih mudah kami bisa melihat ada sinyal di otak peserta yang menunjukkan mereka bisa mendengar musik," tutur Lavie, seperti dikutip dari detik Jumat (11/12/2015).

Sebaliknya, ketika tugas yang dilakukan sulit, sinyal pada otak bahwa peserta mendengar suara melemah di korteks pendengaran. Para peneliti menyebutkan, ketika seseorang sibuk dengan sesuatu, otak akan memilih antara penglihatan dan pendengaran yang berkaitan dengan area di otak yakni korteks asosiasi.

"Otak beralih dari satu tugas ke tugas yang lain. Otak tidak melakukan dua hal sekaligus seperti yang ditunjukkan studi ini. Saat mendengar, kita tidak hanya menggunakan telinga tapi juga otak untuk merespons suara tersebut. Jika otak tidak mersepons karena perhatian kita tersita hal lain, maka kita bisa tuli sementara," kata dr Peter Whybrow psikiater dan direktur Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior at the University of California, Los Angeles. (P-02/det)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment