Panwaslu Padang Akan Rekomendasi PSU Pilkada di 3 TPS

Ilustrasi/ net
Partukkoan - Padang

Panwaslu Padang memberikan rekomendasi untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Padang.
    
"Rekomendasi dikeluarkan pada Jumat (11/12), hari ini Panwaslu akan menggelar rapat," kata Ketua Panwaslu Padang, Azwir di Padang.
    
Azwir menjelaskan, tiga TPS melakukan PSU Pilkada yakni TPS 05 Kampung Lapai,Kecamatan Nanggalo, TPS 17 Koto Panjang Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah, serta TPS 03 di Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh.
    
PSU di TPS 05 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo karena ditemukan tiga orang pemilih mencoblos pada 9 Desember 2015 di TPS 05 tersebut padahal mereka mencoblos di TPS lain.
    
Mereka ini diketahui berdasarkan nama yang ada di DPT, namun kembali memilih. Sedangkan TPS 03 di Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh, Panwaslu memberikan rekomendasi pada KPU untuk PSU dimana ada surat suara sah pada saat perhitungan diperlihat pada semua orang namun disilang KPPS itu tidak boleh dilakukan. 

"Boleh disilang itu merupakan surat surat rusak, surat suara sah tidak boleh,"tegas Azwir.
    
Berdasarkan data diperoleh Panwaslu Padang, lanjut Azwir, DPT di TPS 05 Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo sebanyak 251 pemilih, TPS 17 Koto Panjang Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah DPT sebanyak 202, serta DPT di TPS 03 di Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh sebanyak 204 orang.
    
Ia mengatakan, Panwaslu Padang akan memanggil KPPS bertugas di  TPS 03 di Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh terkait surat suara sah yang disilang.
    
"Hingga saat ini Panwaslu belum tahu penyebab KPPS melakukan penyilangan surat suara sah di TPS 03 di Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh tersebut," katanya.
    
Ia menjelaskan, berdasarkan pengamatan Panwaslu di lapangan KPPS tidak tahu cara kerja di TPS dalam melakukan pemungutan suara Pilkada.
    
"Kemungkinan KPPS kurang bimtek diberikan oleh KPU sehingga tidak tahu cara kerja dilapangan," ungkapnya.
    
Sementara, ditempat terpisah, Ketua KPU Padang, M Sawati menyatakan, KPU belum mengetahui ada PSU di tiga TPS yang ada di Kota Padang.
    
"Hingga saat ini belum mendapat laporan serta rekomendasi dari Panwaslu Padang untuk PSU di tiga TPS," terangnya.
    
Ia menjelaskan, jika ada PSU di tiga TPS di Padang, KPU akan melakukan kajian bersama pihak terkait. "Siap saja melakukan PSU bila ada rekomendasi dari Panwaslu Padang," pungkasnya.

Oleh: Derizon Y
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment