Virus ini penyebab kelahiran Bayi Cacat di Brazil


Partukkoan - Jakarta

Besarnya jumlah angka kelahiran bayu yang cacat di Brazil ternyata berhubungan dengan virus zika. Virus yang disebut sebut berasal dari afrika tersebut disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Demikian diungkapkan Kementerian Kesehatan Brazil baru baru ini.

Seperti dilaporkan BBC, Virus Zika telah menyebar secara cepat sampai ke 18 Negara bagian, sementara untuk negara Brazil virus itu pertama kali terinditifikasi pada bulan April 2015 lalu.

Kementerian Kesehatan Brazil menyebutkan, Virua Zika menjadi penyebab utama terjadinya peradangan otak pada bulan pertama kehamilan sehingga pertumbuhan otak pada janin menjadi terhambat. Hal itulah yang membuat janin pada akhirnya terlahir dengan kondisi cacat.

Sementara, Lembaga Bimolekuler Eijkman pada pertengahan November 2015 juga telah memberitahukan keberadaan virus Zika di Indonesia. Meski belum ada pasien yang dilaporkan terjangkit, Kementerian Kesehatan Indonesia tetap waspada dan berencana menindaklanjutinya dengan studi epidemologi.

"Semua penyakit berbahaya jika tidak ditangani secara baik. Akan dilakukan penyelidikan epidemologi terhadap hal ini," kata Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, dr HM Subuh, MPH seperti dikutip dari detikhealt, Selasa (01/12/2015).

Seperti diketahui, virus zika merupakan satu rumpun dengan virus Demam Berdarah (DBD) dan chikungunya yaitu sejenis flavivirus. Virus zika pertama kali ditemukan di Hutan Zika, Uganda pada tahun 1947 dan ditularkan melalui nyamuk dari seekor monyet.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment