Berani jadikan Wanita Batak sebagai Istri, inilah yang akan kamu terima

Ilustrasi
Partukkoan - Samosir

Siapa yang tidak tahu karakter orang Batak. Sikap keras dengan penuh perjuangan, sikap yang pantang menyerah, meski wajah agak keras (marsui-sui) namun hati selalu bersemi-semi. Mudah marah namun cepat kembali ramah. Untuk itu tepat sekali jika batak itu memang keren.

Sebagaimana kerasnya kehidupan pria suku batak, demikian pula wanita batak memiliki sifat yang tidak kalah dari pria-prianya. Kehidupan orang batak tidak pernah lepas dari ikatan adat istiadat, dan wanita punya peranan yang sangat penting didalamnya. Dalam adat batak wanita sering dipanggil ito yang dalam peranannya dalam adat batak disebut sebagai "boru". Tampa boru maka dalihan natolu tidak akan ada.

Wanita dari kalangan batak dikenal sangat keras dan ketat dalam berkeluarga namun memiliki tanggung jawab keras yang kadang melebihi tanggung jawab pria batak itu sendiri. Bahkan saat ini posisi pria dalam adat sendiri seringkali tergantikan oleh wanita.

Sebut saja seperti dalam acara adat tonggo raja. Sering sekali saat acara ini yang paling banyak hadir adalah dari pihak wanita (istri), sementara suami kadang malas untuk ikut hadir. Sehingga kedepan nama tonggo raja barangkali akan terengus dan berubah menjadi tonggo ratu.

Baiklah, langsung ke topik, apa yang akan anda terima ketika adan menjadikan wanita batak menjadi istri, berikut hal-hal yang akan anda temui dan terima jika mendapatkan istri batak menurut partukkoan:

1. Suara merdu dan suka menyanyi
Wanita batak sangat menyukai lagu, selain menyukai lagu, wanita batak juga pintar menyanyikan lagu, maka dari sini jangan heran jika istri batak suka bernyanyi dan bergabung dalam paduan suara baik di gereja maupun di arisan-arisan.

2. Sayang Bapak (Orang Tua)
Jangan salah, wanita batak sangat menghormati bapaknya atau orang tuanya. Bagi mereka Bapak merupakan panutan mereka, junjungan mereka bahkan Tuhan kedua bagi mereka. Jadi jangan heran ketika memiliki wanita batak sebagai istri, mereka akan sangat menyanyangi mertua laki-laki dan sangat menghormati bapak dari suaminya. Pernah seorang istri batak bernama E. Nainggolan mengaku, bahwa rasa hormatnya kepada mertuanya sama dengan hormat kepada bapaknya sendiri.

"Karena ketika mereka (mertua) sudah tua maka kamilah yang merawat mereka, saya yang menjaga mereka. Karena bagi kami wanita batak menjadi suami istri bukan sekedar menyatukan kami berdua namun menjadikan dua keluarga menjadi satu" kata Perempuan Batak Asal Samosir itu.

3. Wanita akan terus memperjuangkan orang yang dikasihinya

Pernah mendengar kisah wanita batak yang membela dan memperjuangkan kekasihnya mati-matian dihadapan keluarganya?

Itulah salah satu karakter wanita batak, badai, topan atau apapun akan dihadapi kala seorang pria mampu memikat hati mereka. Dia akan berjuang sedaya mungkin dan menyakinkan kedua orangtuanya bahwa pilihannya itu merupakan pria terbaik.

Jangan ragu tentang anak, jangan pula ragu tentang ekonomi, wanita batak dalam bekerja sudah sangat dikenal kegigihannya. Wanita batak akan terus memperjuangkan mereka yang disayanginya. Namun jangan pula malas, sebab wanita batak akan berang ketika melihat suaminya malas, bukan berarti dia tidak mampu mencari uang, namun wanita batak sangat suka pria pekerja keras sebagaimana ia melihat sifat dari bapaknya.

4. Wanita yang suka memanjakan suami

Wanita batak meski sudah memiliki karir yang cukup baik, dia akan selalu menganggap suaminya serada satu tingkat di atasnya, hal itu karena dalam keluarha batak, pria merupakan pucuk pimpinan, pria merupakan pemimpin tertinggi dalam keluarga tak peduli apa kedudukannya dalam pekerjaannya. Wanita batak akan menjadi wanita yang tulus iklas dalam melayani suaminya, untuk urusan pilihan kesukaan suami baik pakaian, makanan dan lain-lain mereka inilah ahlinya. Wanita ini akan cepat melihat, tanggap dan mencari kesukaan suaminya. 

Kemudian meski telah berpangkat atau punya karir, wanita batak tak akan pernah lupa dengan kewajibannya sebagai istri, baik dalam merawat anak-anak, urusan pekerjaan rumah sampai pada urusan paradatan juga mereka selalu tampil.

Itulah sedikit rangkaian tulisan yang dibuat partukkoan tentang apa yang didapat dari wanita batak, meski tak dipungkiri dibalik kelebihan-kelebihan yang dimiliki pasti juga akan ditemukan kekurangan-kekurangannya. 

Jika para pembaca berkenan, silahkan kirimkan tanggapan atau artikel-artikel anda tentang adat budaya atau habatakon ke redaksi melalui email: redaksi@partukkoan.com atau melalui contact kami.

Editor: Dedi S
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment