Bonapasogit Harga Mati, Kembalikan Budaya Nenek Moyang Orang Batak

Salah Satu Budaya Batak/ Tortor
Partukkoan - Samosir

Faktor pendukung yang sangat potensial dalam memajukan daerah ini menjadi tujuan Wisatawan baik itu lokal maupun domestik (mancanegara-red) Daerah Samosir adalah situs-situs budaya yang sudah ada. Untuk itu sudah seharusnya kita mengembalikan adat istiadat yang sudah luntur yang dianut nenek moyang batak secara turun temurun dari tempo dulu yaitu pada: “Budaya Dalihan Natolu”.

Selain pembenahan skala prioritas dibidang infrastruktur baik lunak maupun keras menuju objek-objek peninggalan bersejarah Siraja Batak yang sangat perlu dihindari saat ini adalah potensi pengaruh budaya luar yang sangat luar biasa bahkan sudah menjamur bagai virus penyakit yang sudah menggerogoti tubuh pada tingkat level kronis.

Contoh kecil di pulau samosir saat ini pengaruh dari luar seperti menjamurnya kafe remang-remang yang telah menyusup pada persendian pranata sosial masyarakat setempat yang meresahkan masyarakat kemudian banyak kita jumpai setiap melakukan perhelatan adat istiadat budaya leluhur baik itu besar-kecil tidak lagi mempergunakan alat-alat musik tradisional, seperti Tagading, Sordam, Garantung, Kecapi dan banyak lagi alat musik tradisonal lainnya yang kemudian telah ditukar dengan alat-alat musik modern sejenisnya.

Bahasa batak pun kemudian mulai terkikis dari komunitas batak, kerab bahasa trend dari rantau kemudian berbaur dalam adat batak. "mengikuti perkembangan jaman", kata beberapa warga, bahkan para pelaku-pelaku adat juga mulai hinggap pada kondisi demikian. Hal itu menjadi salah satu berkurangnya kesopanan dalam adat batak, Seperti pemahaman dalam panggilan di Adat Batak. Sebut saja dalam memanggil Tulang, Bapa Uda, Ito, Besan, Pariban dan banyak sebutan lainya yang kini mulai jarang dikumandangkan di kalangan batak.

"Kadang malu menggunakan bahasa batak, meski sesama batak bang kalau di perantaun" ucap seorang pria (04/01/2015) di stasiun Sampri ketika hendak kembali ke Medan.

Saat ini bahasa batak juga mulai enggan digunakan. Seharusnya di satu sisi kita bangga atas bahasa batak yang sangat tren di luar batak, banyak orang berusaha belajar bahasa batak sementara batak sendiri lupa dan jarang menggunakan bahasa batak.

Kemudian oleh karena itu, besar harapan penulis supaya semua pihak memberikan perhatian serius atas kondisi demikian. Setiap Manusia pada dasarnya merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dengan ahlak dan budi pekerti serta telah menaungi adat dan budaya sejak dilahirkan.

Lebih kurang enam juta orang batak yang ada di dunia ini mestinya berbangga hati memiliki Aksara Batak, Bahasa Batak, Adat dan Budaya Batak serta Bendera Batak.

Andai saja mau menggali kembali budaya dalihan natolu yang mulai terkerus pengaruh budaya luar, dimana budaya batak merupakan titipan Op Siraja Batak yang mampu membawa perubahan dalam pranata sosila saat itu yang membawa kemakmuran, kesejahteraan masyarakat umumya diaerah sepanjang kawasan danau toba.

Khusus Kabupaten Samosir dai hasil pemekaran Kabupaten Tobasa pada 11 tahun silam akan mampu bersaing dengan daerah lain yang membawa fisi dan misi serupa sebagai daerah tujuan Wisata jika tetap melestarikan budayanya secara murni tanpa harus ditambah maupun dikurangi.

Contoh daerah Bali atau lebih dikenal sebagai pulau Dewata yang sudah terlebih dahulu maju pesat hingga saat ini karena masih menjaga serta melestarikan budaya adat dan pranata sosialnya, bahkan telah menjadi peraturan-peraturan yang menetap di daerah itu.

Maka dari itu, sebagai bagian dari keturunan orang batak yang memiliki marga dan silsila pada garis keturunan, mari kita gali dan lestarikan budaya nenek moyang leluhur kita dengan wisata sejarah Hudolok Natimbo (Gunung Toba-Red) yang diyakini tempat asal muasal Bangso Batak dengan mengembalikan semua Budaya Nenek Moyang secara murni tanpa hal-hal yang ditambahi maupun dikurangi.

Catatan: Hatoguan Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment