DPRD Samosir Terancam Tidak Gajian Selama 6 Bulan

Kantor DPRD Samosir
Partukkoan-Samosir

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Samosir terancam tidak Gajian selama 6 bulan (terkait sanksi Administrasi-red) pasalnya hingga saat ini Pemerintah kabupaten Samosir bersama Pihak DPRD setempat belum ada tanda tanda akan mengesahkan APBD 2016 yang seharusnya sudah rampung pembahasan serta  penetapan pada tahun 2015 lalu melalui sidang rapat paripurna.

Adapun Sanksi ini seperti yang diatur dalam UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 321 ayat 2. Pasal itu menyebutkan, ”DPRD dan kepala daerah yang tidak menyetujui bersama rancangan perda tentang APBD sebelum dimulainya tahun anggaran setiap tahun sebagaimana dimaksud ayat (1) dikenai sanksi administratif berupa tidak dibayarkannya hak-hak keuangan yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang undangan selama 6 bulan.

Disebutkan dalam Pasal 312 ayat 3, yaitu, "Sanksi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak dapat dikenakan kepada anggota DPRD apabila keterlambatan penetapan APBD disebabkan oleh kepala daerah terlambat menyampaikan rancangan perda tentang APBD kepada DPRD dari jadwal yang telah ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan".

Jonner Simbolon Wakil ketua DPRD Kabupaten Samosir ketika hal ini dikonfirmasi Partukkoan.com Senin (4/1) mengatakan bahwa ini dapat terjadi disebabkan karena dampak Pilkada pada 9 desember lalu yang hampir menimpa diseluruh daerah di indonesia pilkada serentak, sehingga menurut dia pihaknya (DPRD-red) bersama pihak pemerintah kabupaten kurang maksimal melakukan pembahasan RABPD 2016 di tahun dua ribu lima belas lalu.

"Disini Kami berharap kepada pemerintah atasan agar dapat memberikan toleransi dan waktu kepada kami mudah-mudahan diawal bulan Pebruari penetapan ABPD 2016 samosir telah kelar,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Samosir Marudut Sitinjak ketika hal ini dikonfirmasi Partukkoan melalui telepon seluler Kamis (7/1), yang bersangkutan belum mau menggangkat telepon selulernya. (P-1)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment