Harga BBM Turun, SPBU di Padang Langka Premium


Partukkoan - Padang  

Harga Bahan Bakar minyak (BBM) resmi diturunkan oleh Pertamina, namun Stasiun Bahan Bakar Pengisian Umum (SPBU) di Kota Padang mengalami kelangkaan BBM jenis Premium.
    
SPBU di Padang hanya tersedia stok BBM jenis Solar dan Pertamax, serta Pertali, itu hanya kapasitas yang terbatas.
    
Andi salah seorang pengendara menyatakan, sudah berapa SPBU yang ada di Kota Padang mengalami kelangkaan BBM jenis Premium.
    
"Sudah beberapa SPBU ditemui tidak ada menjual Premium, namun yang ada hanya BBM jenis Solar, Pertamax, dan Pertalie,"ungkapnya.
    
Ia menjelaskan, baru tahu kalau harga BBM turun oleh Pertamina, saat pengisian di SPBU ternyata Premium tidak ada.
    
"Dengan terpaksa membeli BBM jenis Pertalie harganya lebih murah dari Pertamax,"ungkapnya.
    
Sangat disayangkan saat harga BBM turun stok Premium tidak ada di SPBU, lanjut Andi seharusnya pihak Pertamina menjamin stok dan cepat mendistribusikan BBM ke SPBU. "Agar tidak terjadi kelangkaan BBM di SPBU,"ujarnya.
    
Sementara itu Asnawi Bahar salah seorang pengusaha SPBU menyatakan, saat ini terjadi kelangkaan BBM jenis Premium, namun yang ada hanya stok Pertamax dan Pertalie.
    
"Kelangkaan BBM ini bukan disebabkan oleh pengusaha, namun ekspedisi dari Elnusa terlambat mendistribusikan bahan bakar,"katanya.
    
Disamping itu, tambah Asnawi Bahar pihak Pertamina seharus cepat mengantisipasi kelangkaan BBM di SPBU.
    
"Pihak Pertamina juga seharus memberikan jaminan jika harga turun, dimana sebelum pengusaha masih membeli dengan harga lama,"jelasnya.
    
Di tempat terpisah,  Area Manager Communication and Relations Pertamina Sumbagut Fitri Erika menyatakan, saat ini stok BBM di depo pengisian Bungus Teluk Kabung masih aman untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar di SPBU Sumbar.
    
"Sebenarnya stok kondisi cukup aman terminal pengisian di Bungus Padang sudah melanyani sejak Selasa (5/1) dinihari,"katanya.
    
Ia menjelaskan, ada beberapa SPBU di Sumbar yang mengalami penjualan bahan bakar cukup meningkat hal ini disebabkan konsumen membeli dengan harga turun.
    
"Bahkan ada beberapa SPBU di Sumbar sudah memesan bahan bakar dengan kondisi penuh di penampungan SPBU.
    
Pertamina berusaha untuk mendistribusikan BBM ke SPBU yang ada di Sumbar, saat ini menunggu penambahan mobil tangki untuk distribusi BBM ke SPBU. Berdasarkan data SPBU yang ada di Sumbar sebanyak 113.
    
Saat ini kondisi BBM di depo pengisian Bungus Teluk Kabung tersedia Premium sebanyak 35.000 kilolitter sedangkan Solar sebanyak 45.000 kilolitter.
    
"Masyarakat Sumbar agar tidak khawatir, kondisi stok di Bungus cukup aman hingga Akhir Januari 2016,"jelas Fitri Erika. (Derizon Y)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment