Pesta Syukuran Pemugaran Tambak Oppu Rajda Djailalo Malau Dibonapasogit Sukses

Partukkoan - Simanindo

Acara pesta Syukuran Pemugaran Batu Persatuan Marga Malau Tambak Ni Oppu radja Djailalo malau yang digelar Sabtu 2 Januari 2016 di Lumban Batu Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir berlangsung hikmah dan sukses. Acara dimulai dengan kebaktian bersama seluruh pomparan Op Djailalo Malau yang diikuti Tulang Sitanggang dan Hula-Hula Marga Sidauruk.

Kegiatan kali ini diawali dengan kebaktian bersama yang diikuti sekitar ratusan orang turut  beribadah yang dibawakan dari Huria kristen Protestaan HKBP Malau Resort Simarmata Distrik VII Samosir dengan kotbah yang dikutip dari Alkitab berbahasa batak (Galitia 6:2), "Marsiurupan Ma Hamu mamorsan angka Nadokdok i; ima dalan mangaradoti patik ni Kristus”.

Hal yang menarik dalam mengikuti jalanya tertib acara seusai kebaktian bersama langsung dilanjutkan dengan penguntingan pita oleh hulahula Marga Sidauruk bersama Tulang Raja Sitempang (sitanggang-Red) yang membuka selubung tambak Oppu Rajda Djailalo. Hal itu merupakan pertanda dimulainya jalanya tertib acara sesuai adat batak Manjalo Magalehan (Menerima dan memberi-red) yang menjadi tradisi habatahon yang kerab digelar setiap acara Adat didaerah ini.

Adapun hasasahat ni ulos (tempat penyampaian ulos red) dari Tulang Raja sitanggang (Raja Sitempang) kepada Pomparan: 

  1. Oppu Rajda Djailalo Malau: Op.Baringin, Op Mangondok Raja, Op Maharhar.
  2. Pomparan Op Baringin: A. Tiolan, A Jamira
  3. Pomparan Ni Op.Mangondok Raja: Op Siak Bagi, Op.Galung, Op. Banjar, Op Jananing, Op Ragilan, A.Naobe, A Nawak, A.Somelan, A.Jamangan.
  4. Pomparan Ni Op Jamalau: Op Sabungan, Op Hariara
  5. Pomparan Ni Op.Maharhar: OP Naiba Op Dupar, Op. Riomma, Op.Yanmi, dan
  6. Paidua Nisuhut
  7. Panamboli ketua Panitia Bona Pasogit dan Ketua Panitia Jakarta 
  8. Boru Sihabolonan Sitio
  9. Para Donatur
  10. begitu juga dengan perjalanan ulos yang diberikan oleh hula-hula Sidauruk pada kesempatan itu.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment