Puluhan Warga Hutaginjang Adukan Mantan Pjs Bupati Samosir ke Mapolres

Perwakilan Raja Bius Suhi Ni Ampang Na Opat Negeri Sagala saat membuat laporan pengaduan di Polres Samosir, Selasa (19/1/2016)
Partukkoan - Samosir

Puluhan warga Hutaginjang Kecamatan Sianjur Mulamula atas nama keturunan Op. Pahoek Tuan Rikkor Sagala yang merupakan Raja Bius Suhi Ni Ampang Na Opat Negeri Sagala mengadukan Wilmar Eliaser Simanjorang (WES) atas penyerobotan tanah ke Mapolres Samosir, Selasa (19/01/2016).

Laporan Pengaduan itu kemudian diterima petugas di Gedung SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polres Samosir.

Gisal Sagala (60) mewakili keturunan Op. Pahoek Tuan Rikkor Sagala mengatakan, masyarakat hutaginjang beberapa kali telah melakukan rapat yang diundang Raja Bius Sagala dan Tungga Ni Huta terkait masalah tanah itu.

“Dia menanam, tanpa sepengetahuan Turpuk, tanpa sepengetahuan Kepala Desa, Tanpa Sepengetahuan Raja Bius, ini membuat perasaan kami sudah tak enak lagi” kata Sagala.

Atas perbuatan itu, kata dia, seluruh keturunan Op. Pahoek Tuan Rikkor Sagala dan pengetua pengetua Desa Hutaginjang melakukan rapat. Menurutnya cara persuasif juga telah dilakukan melalui keluarga mengingat tatanan adat istiadat Dalihan Natolu.

“Kami menganggap dia sebagai boru dan telah kami buat yang baik, namun sepertinya tidak ada lagi solusi terbaik sampai saat ini” tuturnya.

Puluhan warga keturunan Op. Pahoek Tuan Rikkor Sagala yang turut serta ke Polres Samosir
Gisal Sagala mengakui hingga saat ini, pihak warga dan Raja Bius Hutaginjang belum pernah bertemu secara langsung dengan WES, meski melalui pihak keluarga telah dilakukan pendekatan.  

Masih kata Sagala, atas dasar itu, saat ini masyarakat Hutaginjang dan Bius melakukan upaya hukum dengan mengadukan WES ke Polres Samosir.

Sementara itu pihak Polres Samosir yang menerima pengaduan masyarakat tersebut, mengaku akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu. “kami akan mempelajarinya terlebih dahulu dengan melakukan penyelidikan” kata Ipda Gunawan kepada wartawan. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment