Sumber Air Minum PAM di Samosir dihiasi Limbah Keluarga dan limbah Ternak Babi

Ilustrasi
Partukkoan - Pangururan

Sumber Air Minum PDAM Tirtanadi Cabang Samosir yang didistribusikan kepada warga setempat dihiasi Limbah penduduk serta limbah ternak babi. Ironisnya pihak yang berwenang termasuk pemerintah daerah sepertinya hanya mampu tutup mata. 

Melihat itu, akhirnya salah seorang warga berinisial HS kepada partukkoan Rabu (13/1) di Pangururan mengaku keberatan dan berharap supaya pihak pemerintah daerah bersama pihak PDAM Tirtanadi setempat meninjau ulang lokasi sumber air minum yang lebih baik lagi.

Lebih Lanjut HS menjelaskan seharusnya PDAM Tirtanadi Cabang Samosir melihat sanitasi air layak komsumsi seperti Indonesia telah memperkenalkan STBM, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Community Based Total Sanitation) dengan 5 program utama seperti Menghentikan perilaku buang air besar di sembarang tempat, ODF (Stop BABS/ CLTS), Mencuci tangan dengan sabun (CTPS), Pengelolaan air minum yang aman dalam rumah tangga (PAMRT), Pengeloaan sampah rumah tangga (WASTE) serta Pengeloaan limbah rumah tangga (DRAINAGE)

Kita semua sudah mengetahui bahwa Air merupakan sumber utama kehidupan, masyarakat sangat bergantung pada air bersih. Menyadari hal itu, para pengembang properti menempatkan penyediaan air bersih sebagai hal terpenting. Air bersih untuk kawasan hunian, kawasan komersial dan industri menjadi perhatian serius kalangan pengembang.

Dalam satu dekade terakhir, Indonesia dihadapkan pada masalah kekurangan air bersih. Tak hanya di kawasan pedesaan, krisis air bersih tersebut juga melanda kawasan perkotaan. Dalam perhelatan Water, Sanitation, and Cities (WSC) Forum & Exhibition 2015 pada Mei 2015 silam. Contoh di daerah kabupaten samosir ini pasokan sumber air minum sangat besar seperti air sungai dari pegunungan yang hingga kini belum pernah disentuh oleh pihak PDAM Tirtanadi setempat. 

"Jadi marilah kedepan melalui pemerintah daerah ini mengambil kebijakan sehingga kebutuhan dengan air bersih dapat terlayani" mbuh HS

Ketika hal ini dikonfirmasi Partukkoan kepada Pihak Kepala Cabang PDAM Tirtanadi Samosir melalui telepon selulernya belum bisa menjawab. (P-1)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment