Begini kondisi cuaca di Samosir saat ini

Tanah tandus akibat musim kemarau
Partukkoan - Samosir

Dalam dua minggu belakangan ini perubahan suhu terjadi di Kabupaten Samosir. Perubahan suhu dimana pada siang hari akan terasa panas terik matahari sementara suhu di malam hari sangat dingin, bahkan tak jarang membuat orang menggigil.

Informasi yang dirangkum partukkoan, perubahan suhu ini merupakan pertanda musim kemarau akan dan sedang terjadi di Kabupaten Samosir, kondisi itu juga umumnya akan berlangsunh selama 1 hingga dua bulan kedepan.

Kondisi perubahan suhu juga dirasakan warga hampir di semua wilayah di Samosir.

"Sebenarnya, perubahan cuaca seperti ini hampir tiap tahun terjadi. Kalau sudah menjelang musim kemarau, pasti malam jadi sangat dingin, kalau siang jadi panas kali" kata Naibaho warga pangururan.

Sore menjelang malam kata dia, suhu mulai dingin, utamanya mulai pukul 01.00 hingga pukul 07.00 pagi. Kemudian mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00, rasa panas jadi sangat terik.

"Biasana, molo songonon neng musim kemarau nama on (biasanya ini pertanda akan terjadi musim kemarau)" kata pengusaha bunga papan itu.

Tahukah anda mengapa hal itu terjadi?
Malam hari akan menjadi sangat dingin diakibatkan karena pada malam hari, suhu panas tidak lagi diserap daratan, hal itu terjadi bumi daratan telah melakukan penyerapan di  siang hari, dimana panas yang diradiasikan oleh matahari tanpa dihalangi awan.

Kondisi itu membuat pada malam hari, bumi akan melepaskam panas keluar menuju atmosfer, sehingga daratan akan kehilangan panas dalam jumlah besar.

Meski kondisi ini sudah lumrah terjadi di samosir namun untuk tetap fit dan menjaga kesehatan tubuh disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment