Dunia Darurat Internasional Penyebaran Virus Zika

Partukkoan - Samosir

Organisasi Kesehatan Dunia kini mengeluarkan pengumuman bahwa dunia dalam keadaan darurat internasional karena penyebaran wabah Virus Zika.

Virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti tersebut dapat menyebabkan gejala seperti flu pada orang dewasa dan berdampak sangat buruk pada bayi yang baru lahir dengan gejala cacat lahir dan otak menyusut.

Kasus pertama ditemui di Negara Brazil dan sampai sekarang dikhawatrikan akan merembes kepada 1,5 juta orang di Negara tuan rumah olimpiade musim panas itu.

Sementara, WHO sendiri memprediksi akan ada hingga 4 juta kasus di Amerika Latin sendiri tahun ini dan telah menyatakan keadaan darurat internasional karena virus ini begitu cepat menyebar.

Dikutip dari metro.co.uk, Dr Margaret Chan dari WHO mengatakan pembatasan perjalanan dan perdagangan yang tidak diperlukan, tetapi respon yang terkoordinasi internasional untuk virus itu diperlukan.

Saat ini, tidak ada vaksin atau obat untuk Zika. Daniel R. Lucey dan Lawrence O. Gostin, menulis dalam Journal of American Medical Association pekan lalu, menyebutkan kegagalan WHO untuk bertindak cepat selama krisis Ebola membuat ribuan nyawa dan biaya hilang.  Untuk itu mereka mendesak dibentuk sebuah  komite darurat penyakit ahli sehingga kesalahan yang jelas sama tidak terulang.

Sementara di Indonesia sendiri, virus tersebut telah muncul. Dikabarkan, seorang pria berumur 27 tahun yang tinggal di Jambi positif terinfeksi virus Zika meski pria itu sebelumnya belum pernah ke luar negeri.

“Dari 103 spesimen (dengue) yang kami periksa, kami menemukan satu positif (terinfeksi) virus Zika,” kata Herawati Sudoyo wakil direktur The Eijkman Institute for Molecular Biology kepada AFP, Senin (1/2/2016).

Spesimen itu kata dia, diambil selama demam berdarah mewabah di Jambi antara Desember 2014 dan April 2015 dan menurutnya waktu dan bagaimana persisnya pria itu terjangkit virus Zika tidak diketahui secara pasti. Sehingga disimpulkan untuk saat ini, virus telah menyebar di Indonesia.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment