Memperkuat Kedaulatan Pangan, Revitalisasi Irigasi akan segera dilakukan

Partukkoan - Jakarta

Sebagai upaya dalam memperkuat proses kedaulatan pangan, Pemerintah segera melalukan pembenahan manajemen irigasi di berbagai daerah. Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan jaringan irigasi sehingga akan efektif dan optimal.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, revitalisasi irigasi segera dilakukan untuk mengatasi sistem irigasi yang masih pas-pasan.

“Teknologi tanam sudah lebih maju tetapi masalahnya airnya pas-pasan membuat tanamnya satu-satu. Karena airnya pas-pasan, di tengahnya dibuat selokan untuk memelihara ikan. Untuk itu revitalisasi irigasi segera dilakukan," Kata Darmin pada Rapat Koordinasi Pembahasan Kebijakan Penyediaan Jaringan Irigasi Primer, Sekunder dan Tersier di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebagaimana dimuat dalam siaran persnya.

Darmin Nasution

Pihak Kementerian Perekonomian kata Darmin, juga membutuhkan data mengenai komite, irigasi dan lain-lain. 

"Kita perlu punya beberapa informasi yang kita butuhkan, supaya pegangan informasinya lebih bisa dihubungkan dampak output dan outcome-nya”, tambah Menko.

Untuk itu, diperlukan sinkronisasi dan kelengkapan data dari berbagai Kementerian/Lembaga seperti data Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, data dari Kementerian Keuangan, data dari Pemerintah Daerah dan sebagainya untuk melakukan analisa manajemen.

Dalam rapat itu, dihadiri Menteri Keuangan Mardiasmo, perwakilan beberapa kementerian seperti kementerian PU, Pertanian dan Perumahan Rakyat.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment