Pariaman Targetkan 8.136 Balita Dapat Vaksinasi Polio


Partukkoan - Pariaman

Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menargetkan 8.136 orang balita di wilayah kota Pariaman mendapat vaksinasi polio pada Pekan Imunisasi Nasional Polio Tahun 2016. "Seluruh balita di Kota Pariaman harus diberikan vaksi polio," kata Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, di Pariaman. 

Ia menjelaskan, untuk wilayah Kota Pariaman, sasaran dari imunisasi ini balita yang berumur 0-59 bulan, untuk mencegah agar tidak terjadinya kelumpuhan bahkan kematian akibat polio (kelumpuhan akibat virus). 

"Capaian target Kota Pariaman pada tahun 2015 sebesar 85,95 persen UCI, melebihi target nasional 84 persen," ujarnya. 

Muhlis Rahman berharap Lurah atau desa maupun kader posyandu di Kota Pariaman agar dapat melaksanakan sosialisasi secara aktif kepada masyarakat, baik melalui seminar, media elektronik bahkan door to door tentang pentingnya imunisasi, sehingga apa yang kita rencanakan dapat berjalan dengan sukses. 

"UCI (Universal Child Immunization) menargetkan tahun 2020 dunia terbebas dari polio. Berbagai langkah dilakukan untuk menggapai hal itu dengan bermacam program, termasuk di Indonesia," ungkapnya. 

Ia mengatakan, Undang-undang No. 36 Tahun 2019 tentang kesehatan telah menegaskan bahwa pemerintah wajib memberikan imunisasi dasar lengkap kepada setiap bayi dan anak. 

"Sehingga setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang bertujuan mencegah terjadinya PD3I (Penyakit dapat Dicegah Dengan Imunisasi)," katanya. 

Lebih lanjut, kesiapan menghadapi PIN Polio secara nasional ini meliputi strategi promosi yang dilakukan, kesiapan petugas, kesiapan tempat dan kesiapan vaksin dan sarana pendukung lainnya. 

Yang tidak kalah penting yaitu Posko Sekretariat di masing-masing Puskesmas serta mekanisme pelaporan baik ke kabupaten, provinsi maupun ke pusat. Puskesmas agar menyiapkan tim serta obat-obatan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan pada saat pemberian imunisasi kepada sasaran. 

Ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan PIN Polio mulai dari sosialisasi hingga validasi data sasaran. 

"Jangan sampai ada anak usia 0-5 tahun di Kota Pariaman terlewati," tegasnya. (Dz)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment