Pasca Teror Thamrin Jakarta, DPR rancang pengamanan baru gedung parlemen

Partukkoan – Jakarta

Pasca kejadian serangan teror bom di jalan Thamrin pada Kamis, 14 Januari lalu yang merenggut korban jiwa membuat anggota DPR RI merancang sistem pengamanan baru di gedung parlemen.

Badan Legislasi DPR menggelar rapat bersama Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Komisaris Jenderal Putut Eko Bayu Seno beserta jajaran di gedung DPR Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/2/2016).

Sebelumnya DPR juga mengundang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk diminta sarannya soal pengamanan gedung parlemen.

"Akses gedung parlemen terbuka lebar untuk menyampaikan aspirasi masyarakat. Namun bukan berarti bebas masuk. Tak dipungkiri ledakan di Thamrin membuat kami waspada," kata Wakil Ketua Baleg Firman Subagyo.

Rapat mulai pukul 13.50 WIB dan direncakan akan berakhir hingga pukul 15.30 nanti. Dalam rapat selain dihadiri Kabaharkam Polri Komjen Putut Eko Bayu Seno juga beberapa direktur dari Polri seperti direktur ops, direktur pam obvit dan pam ovit dari Polda Metro Jaya.

Komjen Putut menyarankan pimpinan pengamanan dipimpin oleh anggota polisi aktif yang berpangkat minimal AKBP.

"Pengamanan ini akan dipimpin oleh kepala satuan pengamanan dalam dengan pangkat AKBP atau Kompol Senior. Ini kami buat seperti komandan pleton. Di bawahnya ada komandan unit setingkat kompi, di bawahnya ada kasubnit setingkat pleton dan dijabat polri aktif. (dtc/P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment