Tiga Kabupaten/Kota di Sumbar Dilanda Banjir

Partukkoan – Padang

Tiga kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat dilanda banjir akibat hujan lebat mengguyur Sejak tiga hari dari Jumat (5/2) hingga Senin (8/2) dinihari.

"Kabupaten/kota dilanda banjir yakni Solok, Pasaman, dan Limapuluh Kota terlanda banjir akibat luapan dari aliran sungai hingga menggenangi rumah-rumah penduduk,"kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Sumatera Barat, Pagar Negara di Padang.

Ia menjelaskan, selain dilanda banjir, hujan lebat mengguyur juga mengakibat beberapa titik longsoran di kabupaten/kota di Sumbar.

"Curah hujan begitu deras datang silih berganti selama tiga hari ini, sehingga meningkatkan kewaspadaan bagi Satgas kebencanaan pada seluruh kabupaten/ kota di Sumatera Barat,"ungkapnya.

Sementara itu Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Rahmadinol menyatakan, hujan deras yang masih mengguyur sejak Jumat (5/2) sore hari hingga Minggu (8/2) dinihari rumah-rumah penduduk di dua jorong Nago, dan Sopak Nagari Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru terendam banjir.

Diperkirakan ketinggian luapan rata-rata setinggi  lutut orang dewasa. Banjir tersebut berasal dari meluapnya sungai batang Maek yang tidak mampu lagi menampung air hujan yang terjadi silih berganti.

"Kami masih di lapangan memantau perkembangan dan mengungsikan sementara masyarakat ke tempat lebih aman, kami juga mempersiapkan bantuan logistik pada malam ini untuk masyarakat yang terdampak,"ungkapnya.

BPBD Kabupaten Limapuluh Kota mendapat laporan di Kecamatan Pangkalan Koto Baru pada Minggu (7/2) sore hari juga terjadi insiden adanya anak hanyut bernama Padri (16) saat sedang memancing dan berenang di sungai batang Maek nagari Gunung Malintang.

"Satgas gabungan telah dikerahkan untuk melakukan pencarian, namun dikarenakan dalamnya sungai dan deras arus petugas hingga saat ini belum berhasil menemukan korban, dan pencarian akan dilakukan hari ini (Senin,red),"jelas Rahmadinol. (Dz)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment