Pelayanan Kesehatan, RSUD Pangururan Adakan Launching Penerapan BLUD


Partukkoan-Samosir

Dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat, RSUD dr Hadrianus Sinaga yang berada dijantung kota Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir mengadakan acara launching penerapan Pola Pengelolaan Keuangan(PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). kegitan ini digelar Kamis (10/3).

Pada kesempatan tersebut hadir Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga, yang didampingi Direktur RSUD Hadrianus Sinaga dr Nimpan Karo-karo, Kejari Pangururan Edward Malau, mewakili Kapolres Samosir AKP Bumbunan Lumbanraja, Danramil 03 Pangururan Kapten Inf J.Sitohang, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Tombor Simbolon SH, MM, Asisten 1 Pemerintah Drs Mangihut Sinaga, Ketua Panitia Hara Sigalingging, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia dalam kata sambutannya menyampaikan, berdasarkan amanah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 pasal 68 dan 69 menegaskan bahwa instansi pemerintah yang tugas dan fungsinya memberikan pelayanan kepada masyarakat diberikan fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangannya dengan sebutan badan layanan umum. Dimana setelah melaksanakan penerapan tersebut diharapkan mampu dalam hal pengelolaan biaya pendapatan, pengelolaan kas, pengelolaan utang, investasi, pengadaan barang atau jasa, kerja sama dengan pihak lain, maupun kegiatan lainnya. Dan untuk sisa kas akhir tahun anggaran BLUD tidak disetor ke kas daerah akan tetapi dilaporkan ke Dispenka yang merupakan bagian dari Silpa pemerintah daerah dan dapat digunakan rumah sakit pada tahun anggaran berikutnya.

Pada kesempatan itu Kajari Pangururan Edward Malau Pada kata sambutanya menegaskan bahwa dalam pengelolaan keuangan yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat diharapkan bagi seluruh SKPD agar tidak menjadi pengecut. Asalkan seluruh kegiatan itu dapat dipertanggungjawabkan secara benar sesuai dengan apa yang telah dilakukan dan dikerjakan,”tegasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini asalkan pelayanan kesehatan semakin maksimal, karena masyarakat sangat menantikan hal yang seperti itu. “ Dan perlu saya tegaskan tidak ada kata mundur untuk melayani masyarakat, dan berharap agar setiap pelayanan itu didasari dengan sikap rela berkorban, karena tidak satu orang pun di dunia ini yang memiliki sifat sempurna. Namun apabila ia mau belajar dan bangkit pasti semuanya akan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama,”imbuh Juang Sinaga.

Seusai berita acara kata sambutan, kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong serta pembukaan tirai sebagai bentuk dukungan dan dimulainya penerapan PPK BLUD didaerah itu untuk beberapa tahun yang akan datang. (P-1)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment