Untuk Memerangi Narkoba, BNN Akan Beli Ribuan Anjing Pelacak

Partukkoan - Jakarta

Persoalan memerangi Narkoba menjadi salah satu prioritas Pemerintah. Penyalahgunaan narkoba salah satu penyakit yang harus segera diatasi. Hal itu terbukti dengan rencana Badan Narkotika Nasional (BNN) yang akan membeli ribuan anjing pelacak yang dibentuk sebagai armada khusus.

"BNN akan membeli ribuan anjing pelacak. Bagaimana anggarannya nanti disesuaikan. Pesan Pak Presiden harus efektif dan efisien," kata Buwas di Jakarta, sebagaimana dikutip dari detik.com, Jumat (4/3/2016).

Anjing pelacak tersebut kata Buwas akan dibeli dari dalam negeri. Harganya mulai dari Rp 3-10 juta. Karena jika dibeli dari luar luar negeri harganya akan mencapai hingga Rp 100 juta untuk 1 ekor.

"Anjing lokal selain harganya murah dan mudah beradaptasi dengan cuaca, cara merawatnya juga lebih mudah dari pada anjing import. Kalau kita pakai anjing luar nanti sulit beradaptasi, nanti malah tidak maksimal. Lagi pula anjing pelacak itu setelah sekian tahun harus diganti, kalau tidak kan tidak efektif lagi," jelas Buwas.

Dikatakannya, anjing-anjing lokal yang akan dijadikan armada khusus itu berasal dari Lombok, Bali, Bengkulu dan Surabaya. "Jadi saya akan cari anjing-anjing lokal kan ada dari Bali, Lombok, Surabaya, Bengkulu kan juga ada," tambahnya.

Anjing pelacak dimaksud akan ditempatkan di wilayah-wilayah yang dianggap rawan narkoba, kemudian akan ditempatkan di masing-masing perwakilan BNN.

Perlu diketahui, bahaya penyalah gunaan narkoba terhadap kesehatan adalah perubahan prilaku dan mental. Tentunya hal ini sangat berpengaruh kepada generasi penerus bangsa yang saat ini sudah banyak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

Pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari akan semakin rapuh jika terus menerus digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Akibatnya cara berpikir dan mental akan terganggu. Generasi bangsa yang handal dan tangguh yang berasal dari kaum muda khususnya pelajar akan tekikis dan terengus oleh karena Narkoba.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment