Bupati Samosir Himbau Seluruh Pihak SKPD Segera Lakukan Percepatan Pembangunan,"Jangan Tunggu Sampai Esok"

Partukkoan - Samosir 

Seharusnya Pemerintah Kabupaten Samosir Sudah melakukan percepatan Proses Lelang APBD Murni untuk mengejar pembahasan perubahan APBD Tahun Anggaran 2016 demi kepentingan pembangunan daerah ini,"jangan seperti tahun-tahun lalu ada beberapa penyerapan anggaran kurang maksimal dikerjakan oleh bebera pihak contraktor seperti keterlambatan waktu akibat curah hujan pada bulan oktober,nompember dan desember lebih tinggi,"Hal ini perlu diatasi kata Hendri Naibaho Anggota DPRD Samosir Dari Partai Nasdem kepada Partukkoan.com Rabu(20/4) di Parbaba Areal Perkantoran DPRD Samosir. 

Hendrik Naibaho lebih lanjut mengatakan Percepatan itu sangat perlu kita lakukan menginggat sudah banyak perhatian pemerintah Pusat yng harus kita syukuri dimana Kawasan Danau Toba sudah menjadi Wilayah Strategis Nasional terkhusus daerah kita besar dampak imbas akan pembangunan yang akan digelar bahkan kalau tidak salah samosir pada tahun ini akan mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat hingga Trilliun Rupiah untuk mengujudkan samosir Menjadi Monaco Asia dan menjdi tempat tujuan Internasional. 

Untuk mendukung program Pusat tersebut kita sebagai Unsur pemerintah Daerah sudah harus bersatu padu serta lebih mengedepankan kepentingan umum termasuk melakukan percepatan proses tender pada APBD Murni 2016,hingga pembasahan perubahan APBD juga tidak telat atau terlambat,Tegas Hendrik 

Sementara itu Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM baru-baru ini mengatakan Bagi Pimpinan SKPD yang merasa Tidak Mampu "Menjalankan Tugas dan Fungsinya Lebih Baik Mengundurkan Diri," ini saatnya kita lakukan demi merespon dengan adanya instruksi maupun kebijakan dari Presiden Republik Indonesia Ir Jokowi Widodo terkait agar segera dilaksanakannya penyerapan anggaran serta pembangunan dapat berjalan dengan cepat, Pemerintah Kabupaten Samosir menginstruksikan ,bahwa bagi seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak merasa mampu menjalankan tugas atau fungsinya sebagaimana mestinya lebih baik mengundurkan diri.Hal ini disampaikan Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon melalui via seluler, Senin(11/4) lalu. 

Dikatakannya, tujuan disampaikan pernyataan tersebut mengingat pengesahan APBD tahun 2016 telah terlaksana, serta sebagai langkah untuk mendukung percepatan pembangunan di samosir. "Sehingga dengan kata lain tidak ada alasan lagi untuk mengulur-ulur waktu seperti sebelumnya, yang berpotensi pengerjaan tersebut akan amburadul,”ujarnya. 

Selain itu,percepatan pembangunan ini juga bertujuan untuk memperkecil terjadinya silva, sehingga pada saat pembahasan kita di APBD mendatang tidak terkendala, apa yang belum terserap dapat direncanakan dengan baik dan benar,"Sehingga dalam waktu dekat ini diharapkan bagi seluruh SKPD agar segera mungkin melakukan pengerjaan tersebut,Tutur Bupati Samosir.

Selain itu pemerintah daerah juga menantang bagi orang-orang muda yang mau berkompetensi menjadi pimpinan SKPD agar menyampaikan program maupun visi dan misinya baik secara tidak langsung maupun secara langsung menjumpai saya ke ruangan,"tantang Bupati Samosir Yang dimana dalam proses pemilihan tersebut tidak ada sikap diskriminasi maupun tebang pilih kepada setiap orang, sesuai kecakapan dengan kemampuan serta ketrampilan yang dimilikinya. Dimana sistem penilaian yang kita lakukan itu berdasarkan sel assessment yang artinya dari sistem tersebut akan kelihatan program, karakter, maupun moral dari seseorang itu. 

Dengan harapan sistem ini mampu melakukan pengkaderan secara baik dan bijak tanpa adanya diskriminasi maupun tebang pilih bagi siapa saja yang sanggup melalui penilaian tersebut. Dimana dalam UU ASN saat ini tidak ada hak untuk menon-jobkan SKPD selain dengan melakukan pengunduran diri. 

"Oleh karena itu sekali lagi saya tegaskan, bagi pimpinan SKPD yang tidak mampu memimpin dengan baik maupun menjalankan tugasnya agar segera mengundurkan diri" tegasnya. 

Saat ditanya bagaimana pandangannya terhadap kemampuan seluruh pimpinan SKPD, Rapidin menambahkan, bahwa kalau dari sisi kemampuan SDM di samosir ini diatas rata-rata. Namun harus memiliki terobosan serta program yang spektakuler, karena mengapa kita harus takut melakukan suatu pekerjaan jika dilaksanakan dengan sikap ketulusan, jujur dan lurus. 

Tinggal niat dan ketulusan dari yg bersangkutan. mulai sekarang sudah bisa dilakukan kegiatan Secepatnya melakukan penyerapan anggaran. Pertengahan april sudah mulai dilaksankan. Oleh karena itu dengan ini saya menghimbau dan berharap kepada seluruh pegawai maupun pimpinan SKPD agar selalu mengingat dan melaksanakan motto, "Janganlah tunggu sampai esok, karena apa yg bisa dikerjakan hari ini kerjakanlah" harap Rapidin. (P-1)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment